Fenomena Anak Sapi Berkepala Dua, Ini Penjelasan Dokter Hewan

Avirista Midaada, Okezone · Jum'at 14 Agustus 2020 17:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 519 2262375 fenomena-anak-sapi-berkepala-dua-ini-penjelasan-dokter-hewan-6cOLKbj7aQ.jpeg Sapi berkepala dua lahir di Malang. Foto: Avirista

MALANG – Anak sapi berkepala dua lahir di Dusun Gunung Kunci, Desa Jabung, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Dalam ilmu kedokteran hewan, kasus seperti ini cukup langka terjadi.

Dokter hewan Teguh Handoko lulusan Universitas Brawijaya Malang menjelaskan kelahiran sapi berkepala dua berbadan satu, itu istilahnya teratogenik.

“Secara ilmiah, sapi kembar siam terjadi karena sapi tersebut memiliki pertumbuhan yang tidak sempurna saat proses pembelahan sel, disebut dengan istilah teratogenik, yakni lahirnya fetus atau bayi yang lahir tidak berkembang normal,” ujarnya pada Jumat (14/8/2020).

Menurutnya, hal tersebut bisa terjadi karena adanya kerusakan sel embrio selama proses kehamilan pada induk sapi. Namun perlu dicatat, bahwa kehamilan kembar pada anak sapi sering menimbulkan Kematian, baik pada anak atau induknya.

“Kebuntingan kembar pada ternak sapi sering menimbulkan kematian pada anak dan induknya. Resiko kematian pada kebuntingan kembar dapat dikurangi melalui tatalaksana pemeliharaan induk bunting sejak dini dengan perhatian dan persiapan khusus,” jelasnya.

Baca Juga: Giliran Warga Malang Dihebohkan dengan Kelahiran Sapi Berkepala Dua 

“Tatalaksana pemeliharaan induk bunting kembar diawali dengan melakukan deteksi kebuntingan dini melalui palpasi rectal dan bisa juga dilakukan dengan USG,” tukasnya.

Kelahiran sapi berkepala dua menjadi fenomena, sebab tak hanya terjadi di Malang saja. Sebelumnya viral di media sosial bahwa sapi berkepala dua lahir di Desa Pondok Wuluh, Kecamayan Leces, Kab Probolinggo.

Akun Facebook @ Riky Fu membagikan video kelahiran sapi berkepala dua ke group Facebook Info Seputar Kec Maron pada Senin (10/8/2020).

Baca Juga: Viral! Sapi Berkepala Dua Lahir dengan Sehat, Mata 4 dan Mulut 2 

Masya Allah telah lahir tadi malam jam 3 seekor sapi kepala 2 mata 4 mulut 2 di Desa Pondok Wuluh, Blok Munder, Rt 26 Rw 11 Kec Leces, Kab Probolinggo di rumah bpk Sukim atau bpk arsid,” demikian keterangan tertulis yang disertakan akun @ Riky Fu.

Sebelumnya lagi yakni pada 2019 sapi berkepala dua juga lahir di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Pemilik sapi diketahui bernama H Sabang.

Sapi betinanya melahirkan sapi berkepala dua pada Minggu 24 Juni 2019 lalu. "Jadi ketika induknya melahirkan., ada sampai 4 jam berkutat. Saya pun kaget melihat anaknya lahir dengan berkepala dua. Sayang anak sapi itu mati dan induknya usai melahirkan lemas. Tapi tidak berlangsung lama," ujar Sabang, Selasa, 25 Juni 2019.

Baca Juga: Anak Sapi Berkepala 2 Gegerkan Warga Bone

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini