Ledakan Truk Tangki di Nigeria Tewaskan 28 Orang

Agregasi VOA, · Jum'at 25 September 2020 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 18 2283789 ledakan-truk-tangki-di-nigeria-tewaskan-28-orang-XRHVaUSZTV.jpg Foto: Twitter.

ABUJA - Ledakan sebuah truk tangki di Negara Bagian Kogi, Nigeria Tengah menyebabkan setidaknya 28 orang tewas, termasuk murid sekolah dan mahasiswa.

Laporan awal mengindikasikan bahwa insiden pada Rabu (23/9/2020) itu terjadi setelah pengemudi kehilangan kendali atas truk pembawa bahan bakar itu karena rem yang tidak berfungsi. Truk kemudian terguling dan meledak, menyulut kebakaran pada banyak kendaraan di jalan raya Lokoja-Zariagi.

BACA JUGA: Truk Tangki Gas di Nigeria Meledak, 35 Orang Meninggal

Dalam sebuah pernyataan Presiden Muhammadu Buhari mengatakan bahwa polisi dan badan-badan transportasi perlu bersikap serius dalam menegakkan standar keselamatan di jalan raya.

“Nigeria tidak kekurangan undang-undang dan regulasi, tetapi masalahnya adalah kurangnya semangat untuk menegakkan undang-undang dan regulasi itu demi keselamatan publik,” ujarnya sebagaimana dilansir VOA.

Buhari tidak membicarakan secara langsung mengenai keprihatinan bahwa kecelakaan lalu lintas merupakan hal umum di Nigeria karena jalan-jalan tidak dipelihara dengan baik.

BACA JUGA: Truk Tangki Meledak, 12 Bus Hangus & 69 Orang Tewas

Pada Kamis (24/9/2020) kecelakaan truk tangki lainnya di Ajuwon, sebelah utara Lagos menyebabkan puluhan orang luka-luka. Truk tangki itu meledak setelah terbakar usai terguling di jalanan.

The Daily Post melaporkan 25 orang tewas dalam kecelakaan lainnya di ruas jalan raya yang sama tahun lalu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini