Trump Jalani Karantina Setelah Staf Dekatnya Positif Covid-19

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 02 Oktober 2020 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 18 2287251 trump-jalani-karantina-setelah-staf-dekatnya-positif-covid-19-cHcHOcUa0w.jpg Hope Hicks. (Foto: EPA)

WASHINGTON DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan dia dan Ibu Negara Melania Trump tengah menjalani karantina setelah salah satu pembantu terdekatnya dinyatakan positif terpapar virus corona.

Dalam cuitan di Twitter, dia mengatakan bahwa dia dan istrinya sedang menunggu hasil tes Covid-19 mereka setelah Hope Hicks, salah seorang staf dekat presiden dikonfirmasi terinfeksi.

Hicks, yang menjabat sebagai penasihat presiden, adalah staf terdekat Trump yang dinyatakan positif Covid-19 sejauh ini.

BACA JUGA: Staf Utama Wapres AS, Mike Pence Positif Terinfeksi Virus Corona

Perempuan berusia 31 tahun itu bepergian bersama Trump di Air Force One ke debat calon presiden di Cleveland, Ohio awal pekan ini.

Pada Selasa (29/9/2020) dia difoto turun dari jet kepresidenan tanpa mengenakan masker. Sehari kemudian dia duduk berdekatan dengan Trump di helikopter kepresidenan Marine One, saat sang presiden menggelar kampanye di Minnesota.

"Hope Hicks, yang telah bekerja sangat keras bahkan tanpa istirahat, baru saja dites positif Covid 19. Mengerikan!, kata Trump dalam cuitan pada Kamis (1/9/2020).

"Ibu Negara dan saya sedang menunggu hasil tes kita. Sementara itu, kita akan memulai proses karantina kita!"

Tidak jelas bagaimana karantina akan mempengaruhi pengaturan untuk debat presiden kedua, yang dijadwalkan pada 15 Oktober di Miami, Florida.

BACA JUGA: Dua Pejabat Positif COVID-19, Gedung Putih Wajibkan Semua Staf Kenakan Masker

Selama panggilan telepon dengan pembawa acara Fox News Sean Hannity pada Kamis malam, Trump mengatakan dia dan istrinya "menghabiskan banyak waktu dengan Hope".

"Jadi kita akan lihat apa yang terjadi," kata Trump sebagaimana dilansir BBC. Dia menambahkan bahwa Hicks sering memakai masker tetapi masih dinyatakan positif.

Virus corona telah menginfeksi lebih dari 7,2 juta orang Amerika, menewaskan lebih dari 200.000 dari mereka.

Gedung Putih menguji para asisten dan siapa pun yang berhubungan dengan presiden setiap hari.

Trump sebagian besar menolak penggunaan masker dan sering terlihat tidak melakukan penjarakan sosial dengan asisten atau orang lain selama acara resmi.

Menurut Bloomberg News, Hicks mengalami gejala penyakit tersebut, dan dikarantina di Air Force One dalam perjalanan kembali dari Minnesota.

Hicks adalah pembantu Gedung Putih terbaru yang terjangkit Covid-19. Sekretaris pers Wakil Presiden Mike Pence Katie Miller dinyatakan positif pada Mei dan pulih.

Pada bulan yang sama, seorang anggota Angkatan Laut AS yang bertugas sebagai salah satu pelayan pribadi Trump dinyatakan positif terkena virus corona.

Tetapi Gedung Putih mengatakan baik presiden maupun wakil presiden tidak terpengaruh.

Penasihat Keamanan Nasional Robert O'Brien, sejumlah agen Dinas Rahasia, pilot Marine One, dan pekerja kafetaria Gedung Putih juga dinyatakan positif.

Hicks adalah juru bicara kampanye selama pencalonan Trump sebelum menjadi direktur komunikasi di Gedung Putih. Dia mengundurkan diri pada Maret 2018 untuk menjadi kepala komunikasi di Fox News, sebelum kembali ke Gedung Putih pada Februari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini