Trump Siap Kembali Tampil di Acara Publik Setelah Positif Corona

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 09 Oktober 2020 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 09 18 2290930 trump-siap-kembali-tampil-di-acara-publik-setelah-positif-corona-1XZNR3IcCh.jpg Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (Foto: Gedung Putih)

WASHINGTON DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dinyatakan telah menyelesaikan perawatan Covid-19 dan dapat kembali tampil di publik pada akhir pekan, demikian disampaikan dokter Gedung Putih pada Kamis (8/10/2020).

Dr. Sean Conley mengatakan Trump merespon pengobatan dengan "sangat baik" dan kondisinya "tetap stabil". Dalam sebuah memo yang dirilis oleh Gedung Putih pada Kamis malam dia mengatakan bahwa Trump tidak menunjukkan tanda-tanda "yang menunjukkan perkembangan penyakit".

BACA JUGA: Trump dan Istrinya Dinyatakan Positif Covid-19

"Sabtu (10/10/2020) akan menjadi hari ke-10 sejak diagnosis Kamis (pekan lalu), dan berdasarkan lintasan diagnostik lanjutan yang telah dilakukan tim, saya sepenuhnya mengantisipasi kepulangan presiden yang aman ke pertemuan publik pada waktu itu," tambah memo itu sebagaimana dilansir BBC.

Trump mengatakan dia mungkin akan mengikuti tes Covid-19 lain pada Jumat (9/10/2020) dan berharap untuk mengadakan rapat umum selama akhir pekan.

Sebelumnya, Trump telah menarik diri dari debat presiden dengan lawannya, calon dari Partai Demokrat Joe Biden yang akan digelar pada Kamis (15/10/2020). Langkah itu diambil Trump setelah penyelenggara menyatakan debat akan digelar secara virtual karena dia positif virus corona.

Keputusan Trump tersebut memicu perselisihan tentang bagaimana dan kapan perdebatan lebih lanjut akan berlangsung.

BACA JUGA: Trump: Terinfeksi Corona Adalah Berkah dari Tuhan

Berbicara kepada Fox News Kamis malam, Trump mengatakan dia merasa "sangat baik" dan berharap untuk mengadakan kampanye pada Sabtu malam, mungkin di Florida.

Meski Trump telah dinyatakan tidak memiliki gejala virus corona, pertanyaan masih mengemuka mengenai kapan dia pertama kali terinfeksi dan apakah dia masih bisa menulari orang lain. Sejauh ini beberapa orang dalam lingkaran dalam presiden telah dinyatakan positif virus corona, dan masih belum jelas apakah masih ada staf lain di Gedung Putih yang terinfeksi dan belum diketahui.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini