Sultan Hamengkubuwono X Persilakan Mahasiswa Demo, tapi Jangan Anarkis

Kuntadi, Koran SI · Selasa 20 Oktober 2020 14:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 510 2296628 sultan-hamengkubuwono-x-persilakan-mahasiswa-demo-tapi-jangan-anarkis-199y00k5hl.jpg Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X. (Foto : Okezone)

YOGYAKARTA – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengkubuwono X, mempersilakan mahasiswa untuk menggelar demo. Namun, dia mengingatkan demo harus izin dari polisi dan tidak melakukan tindak anarkistis.

“Silakan saja Anda melakukan demo memang itu dimungkinkan. Asal ada izin dari kepolisian,” kata Sultan kepada wartawan, Selasa (20/10/2020).

Pernyataan ini disampaikan Sultan, menyikapi viralnya postingan di media sosial dengan #JogjaMemanggil. Para buruh dan mahasiswa akan menggelar aksi menolak UU Omnibus Law yang dipusatkan di Bundaran UGM. Setidaknya akan ada empat titik kumpul pemberangkatan dari Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), UIN Yogyakarta, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

“Sampaikanlah apa yang ada inginkan. Tetapi harapan saya dengan sangat, adik-adik semua jangan melakukan kekerasan yang sifatnya anarkistis,” kata Sultan.

Baca Juga : Polisi Telusuri Group WA Penggerak Pelajar Ikut Aksi Tolak UU Ciptaker

Peserta aksi juga diminta untuk tidak merusak dan mengganggu hak pengguna jalan maupun masyarakat lain. Jangan sampai ada perusakan fasilitas umum.

“Saya kira (perusakan) jangan terulang kembali,” kata Sultan.

Sultan juga mengajak semua masyarakat untuk sama-sama menjaga suasana Yogyakarta agar tetap aman dan nyaman.

Baca Juga : Polisi Sudah Tangkap 7 Aktor Penghasut Demo Rusuh Tolak UU Ciptaker

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini