Viral Ambulans Angkut Seserahan Pernikahan, Sirene Berdengung Sepanjang Jalan

Era Neizma Wedya, iNews · Selasa 20 Oktober 2020 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 20 610 2296470 viral-ambulans-angkut-seserahan-pernikahan-sirene-berdengung-sepanjang-jalan-Id0hJ4Sq0J.jpg (Foto: Tangkapan layar video viral)

PALEMBANGViral video mobil ambulans membawa seserahan untuk acara pernikahan. Bahkan, ambulans itu menghidupkan sirene sepanjang perjalannya. Lokasi kejadian diduga di Palembang.

Dalam video terlihat 2 orang mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) turun dari ambulans dan menyerahkan seserahan di sebuah acara pernikahan. Sejak dibagikan akun Twitter @areajulid, warganet mengutarakan kritikannya. Banyak yang menilai keluarga mempelai pengantin tak peka di tengah pandemi Covid-19.

Menanggapi hal itu, Kasi Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Palembang, Yudhi Setiawan mengatakan, ambulans yang membawa seserahan tersebut milik salah satu klinik swasta di Palembang.

"Untuk pastinya kapan peristiwa itu terjadi saya kurang tahu. Tapi kemungkinan Minggu (18/10/2020) kemarin," katanya.

Baca juga: Polisi yang Kawal Pria Jogging Disanksi Teguran Lisan

Dikatakan Yudhi, penggunaan ambulans tersebut menyalahi aturan. Pasalnya, fungsi ambulans untuk kebutuhan medis, seperti membawa pasien atau jenazah.

"Informasi terakhir penanggung jawab klinik sudah diberi teguran secara lisan tetang kejadian itu. Namun, secara tertulisnya dan edaran tentang penggunaan ambulans sedang dikonsep," katanya.

Atas hal itu, Dinkes Palembang mengimbau instasi pemerintah maupun swasta untuk bijak dalam penggunaan ambulans, khususnya di luar medis. Sebab bila dipergunakan untuk keperluan lain, dikhawatirkan dapat terjadi kontaminasi kuman penyakit ke barang yang dibawa.

"Selain itu dapat menimbulkan kesan yang tidak serius dari masyarakat terhadap petugas kesehatan, dalam menanggulangi corona yang masih menjadi wabah," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini