Polisi Amankan Ambulans yang Viral Bawa Seserahan Pernikahan

Era Neizma Wedya, iNews · Rabu 21 Oktober 2020 06:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 610 2296962 polisi-amankan-ambulans-yang-viral-bawa-seserahan-pernikahan-3k0Q6C8eAY.jpg Ambulans viral membawa seserahan pernikahan (Foto: Era Neizma Wedya)

PALEMBANG - Akhirnya mobil ambulans yang sempat viral di media sosial dan banyak menuai kritikan dari netizen gara-gara membawa seserahan pernikahan di Palembang, Sumatera Selatan berhasil diamankan Satuan Reskrim Polrestabes Palembang, Selasa 20 Oktober  2020 sekitar pukul 15.00 WIB.

Kapolrestabes Palembang, Kombas Pol Anom Setyadji melalui Kasat Lantas, Kompol Yakin Rusdi mengatakan, mobil ambulans sambil membawa seserahan tidak bisa dibenarkan.

"Kita bisa lihat dari peruntukannya, ambulans digunakan membawa seserahan itu tidak diperbolehkan," ujarnya.

Ditambahkan Yakin, dalam ketentuan penggunaan ambulans yang merujuk Undang-Undang (UU) Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 134, telah diatur hak utama ambulans untuk mengangkut orang sakit atau orang meninggal.

"Apabila digunakan untuk hal lain, tentu harus mencabut atribut yang ada di dalam ambulans, baik itu lampu sirene maupun tulisan ambulans," katanya.

Baca Juga: Viral Ambulans Angkut Seserahan Pernikahan, Sirene Berdengung Sepanjang Jalan

Ditambahkan Yakin, pihaknya sudah mendatangi Klinik tersebut, meski dalam lalu lintas tidak ada sanksi pidana, pihaknya akan menimbang kondisi di lapangan.

“Kita sudah mengetahui pemilik mobil ambulans tersebut, kita juga sudah mendatanginya namun hanya memberikan imbauan karena untuk penindakan kita serahkan ke dinas kesehatan," ujarnya. 

Diberitakan sebelumnya, bahwa mobil ambulans ini viral di berbagai media Instagram dan Twitter karena digunakan untuk mengangkut seserahan pernikahan.

Dan diketahui bahwa ambulan bernomor polisi BG 1164 RL yang digunakan untuk membawa seserahan pernikahan di jalan DI Panjaitan Plaju, Palembang, Selasa 20 Oktober 2020 sudah diamankan satuan Reskrim (Satreskrim) Polrestabes Palembang. 

Baca Juga: Pamer Alat Kelamin Saat Rapat Zoom, Analis Hukum CNN Diskors

Sedangkan sopir ambulans sendiri Ahmad Hanif (31) mewakili keluarga mempelai pengantin meminta maaf sebesar-besarnya karena telah membuat polemik di masyarakat. 

"Kami memohon maaf atas vidio tersebut yang mana mas kawin pengantin saat itu yang kami bawa menggunakan ambulans tersebut. Itu semua kami lakukan semata-mata karena keterbatasan transportasi saat itu," ujarnya.

Kemudian terkait penggunakan baju APD yang digunakan itu semua murni untuk menjaga protokol kesehataan dimasa pandemi virus corona ini.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini