Arab Saudi Kutuk Kartun Menghina Nabi Muhammad

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 27 Oktober 2020 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 18 2300248 arab-saudi-kutuk-kartun-menghina-nabi-muhammad-EzakwglrAq.jpg Foto: Istimewa.

RIYADH - Arab Saudi pada Selasa (27/10/2020) mengutuk kartun yang menyinggung Nabi Muhammad dan upaya apa pun untuk menghubungkan Islam dengan terorisme yang belakangan ini menjadi perdebatan di Prancis. Meski begitu, Riyadh tidak turut menyuarakan seruan untuk melakukan boikot atau tindakan lain terhadap gambar-gambar Nabi Muhammad yang ditampilkan di Prancis.

Dalam sebuah pernyataan, seorang pejabat kementerian luar negeri mengatakan Kerjaan itu mengutuk semua tindakan terorisme, yang merujuk pada insiden pemenggalan seorang guru di Paris yang menunjukkan kartiun Nabi Muhammad bulan ini, dan mendukung kebebasan berekspresi.

BACA JUGA:  Erdogan Serukan Warga Turki Boikot Produk Prancis

"Kebebasan berekspresi dan budaya harus menjadi mercusuar untuk menghormati, toleransi, dan perdamaian yang menolak praktik dan tindakan yang menimbulkan kebencian, kekerasan, dan ekstremisme serta bertentangan dengan koeksistensi," kata pernyataan yang disiarkan kantor berita pemerintah, SPA.

BACA JUGA: Negara Arab Serukan Boikot Produk Prancis Terkait Kartun Nabi Muhammad

Kartun Nabi Muhammad telah memicu kemarahan di dunia Muslim dan memunculkan seruan boikot terhadap produk-produk perusahaan Prancis. Seruan boikot itu terutama muncul di negara-negara Arab dan mayoritas Muslim.

Di negara tetangga Kuwait, beberapa supermarket telah menarik produk Prancis di bawah arahan serikat koperasi.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini