3 Rumah Warga di Kulonprogo Rusak Tertimpa Longsoran Bukit

Kuntadi, Koran SI · Selasa 27 Oktober 2020 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 510 2300290 3-rumah-warga-di-kulonprogo-rusak-tertimpa-longsoran-bukit-4mPdoKbWFF.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

KULONPROGO – Musibah tanah longsor terjadi di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Selasa (27/10/2020). Tiga bangunan rumah milik Soma Wiyono (65) di Plampang 2, Kalurahan Kalirejo Kecamatan Kokap rusak.

“Total ada tiga bangunan rumah yang rusak, satu dapur dan dua rumah tinggal,” kata Lurah Kalirejo, Lana, Selasa (27/10/2020).

Musibah tanah longsor ini terjadi sekitar pukul 04.30 WIB pagi tadi. Hujan dengan intensitas tinggi, mengguyur kawasan ini dalam satu malam. Akibatnya, bukit setinggi 30 meter dengan lebar 50 meter longsor dan menimpa rumah milik korban.

Baca Juga:  Hujan Deras, Longsor di Sukabumi Terjang Permukiman

Longsoran tanah juga mengakibatkan rumah yang dihuni lima orang ini bergeser dari posisi semula. Ditaksir kerugian mencapai Rp150 juta. Material tanah juga menimpa sepeda motor dan puluhan televisi milik warga yang sedang diperbaiki.

“Anak korban itu tukang servis televisi, jadi banyak televisi milik yang sedang diperbaiki ikut terkena longsoran,” katanya.

Baca Juga: Longsor di Kulonprogo Timpa Rumah Warga dan Tutup Akses Jalan

Camat Kokap Sadikan mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Namun, kerusakan rumah warga cukup parah. Saat ini, warga bersama relawan dan TNI/Polri terus melakukan pengkondisian lokasi.

“Bantuan sementara dari BPBD sudah diberikan, kita masih lakukan pengkondisian,” katanya.

Lokasi rumah korban berada di wilayah yang rawan longsor. Pemerintah kelurahan berinisiatif untuk memindah rumah korban ke lokasi lain yang lebih aman.

Musibah tanah lonsgor juga menimpa rumah Wakidi yang ada di Plampang 1, Kokap, meski kerusakan tidak begitu parah. Sebelumnya, longsoran juga menutup jalur wisata di Gerbosari, Samigaluh dan sebuah rumah di Hargotirto, Kokap.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini