14 Orang Ditangkap Terkait Serangan Teroris di Wina

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 04 November 2020 12:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 18 2303958 14-orang-ditangkap-terkait-serangan-teroris-di-wina-i9kFNLmkij.jpg Kanselir Austria Sebastian Kurz dan Presiden Alexander van der Bellen meletakkan karangan bunga untuk mengenang korban serangan teroris di Wina, 3 November 2020. (Foto: Reuters)

WINA - Polisi Austria telah melakukan serangkaian penggerebekan dan melakukan 14 penangkapan setelah seorang pria bersenjata membunuh empat orang di jantung kota Wina pada Senin (2/11/2020).

Pria, yang diidentifikasi sebagai seorang teroris berusia 20 tahun yang dibebaskan dari penjara Desember lalu, ditembak mati oleh polisi saat menembaki orang yang lewat.

Keamanan telah diperketat di Ibu Kota Wina saat polisi melancarkan perburuan lebih lanjut terhadap pelaku lainnya. Tetapi pihak berwenang sekarang yakin pria bersenjata itu mungkin bertindak sendiri.

BACA JUGA: Serangan Teroris di Wina, Polisi Tembak Mati Seorang Pelaku

Kanselir Austria Sebastian Kurz mengatakan empat orang yang tewas dalam serangan tersebut adalah seorang wanita tua, seorang pria tua, seorang pria muda dan seorang pelayan. Sebanyak 22 orang lainnya terluka.

Salah satu wanita yang tewas dikonfirmasi sebagai warga negara Jerman.

Menteri Dalam Negeri Karl Nehammer mengatakan tidak ada indikasi bahwa penyerang kedua telah terlibat, meskipun tidak mengesampingkan kemungkinan tersebut. Polisi masih memeriksa sekira 20.000 video ponsel mencari rekaman dari kejadian tersebut, demikian diwartakan BBC.

Kelompok teroris Negara Islam (IS) melalui medianya mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut, tanpa memberikan bukti apa pun.

Nehammer mengatakan 14 orang yang diduga terkait dengan pelaku telah ditangkap di daerah Wina, Kota St Pölten dan Kota Linz. Dua warga Swiss, pria berusia 18 tahun dan 24 tahun, juga ditangkap di Winterthur dekat Zurich, diduga terkait dengan pria bersenjata itu.

BACA JUGA: Mendagri Austria Tuding Pelaku Serangan di Wina Teroris Islamis

Serangan pada Senin menyasar enam lokasi yang berbeda di pusat Ibu Kota Wina. Nehammer mengatakan keenam lokasi dalam serangan itu berada di sekitar jalan di mana sinagog pusat berlokasi.

Insiden itu terjadi beberapa jam sebelum dimulainya penguncian sebagian (partial lockdown) yang diberlakukan karena meningkatnya penyebaran virus corona. Restoran, kafe, dan hotel ditutup dan pembatasan pergerakan pada malam hari.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini