12 Desa Diminta Waspada Kenaikan Status Merapi Menjadi Siaga

Suharjono, Koran SI · Kamis 05 November 2020 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 510 2304775 12-desa-diminta-waspada-kenaikan-status-merapi-menjadi-siaga-zALHHRZ9Rc.jpg Foto: BNPB

YOGYAKARTA - Balai Penyeledikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) secara resmi menaikkan status Gunung Merapi dari waspada menjadi siaga. Dengan kenaikan status ini 12 desa di DIY dan Jawa Tengah juga diminta waspada.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida mengatakan, 12 desa yang tersebar di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Provinsi Jawa Tengah masuk dalam kawasan bahaya. Wilayah administrasi desa yang masuk di dalam prakiraan daerah bahaya di DIY yaitu Glagaharjo, Kepuharjo dan Umbulharjo yang berada di Kecamatan Cangkringan, Sleman.

Sedangkan di Jawa Tengah, meliputi Desa Ngargomulyo, Krinjing dan Paten di kecamatan Dukun, Magelang. Kemudian desa Tlogolele, Klakah dan Jrakah di kecamatan Selo, Boyolali dan Desa Tegal Mulyo, Sidorejo dan Balerante di kecamatan Kemalang, Klaten.

Baca Juga: Status Gunung Merapi Meningkat Jadi Siaga

"Kesiapsisgaan penting dilakukan karena desa - desa itu masuk daerah bahaya," ulasnya

Selain desa yang masuk kategori bahaya saat terjadi erupsi Merapi BPPTKG juga memberikan warning bagi penambangan di alur sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam kawasan rawan bencana (KRB) III." Penambangan pasir kami direkomendasikan untuk dihentikan," tandasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini