Waspada! Awan Berbentuk Mangkok Picu Turbulensi di Pesawat

Avirista Midaada, Okezone · Kamis 05 November 2020 11:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 05 519 2304554 waspada-awan-berbentuk-mangkok-picu-turbulensi-di-pesawat-j9CJIMUDdF.jpg foto: ist

MALANG - Kemunculan awan menyerupai mangkok di kawasan Gunung Arjuno sisi Kabupaten Malang merupakan suatu fenomena alam biasa.

(Baca juga: Viral! Awan Berbentuk Mangkok di Kawasan Gunung Arjuno)

"Awan lentikularis muncul di sekitaran gunung atau dataran tinggi. Secara umum tidak berbahaya karena fenomena alam biasa," ucap Kasi Data dan Informasi BMKG Klas 1 Juanda Teguh Tri Susanto, saat dikonfirmasi Kamis pagi (5/11/2020).

Ia memastikan awan tersebut bukan mengindikasikan kemunculan fenomena bencana alam. "Tidak mengindikasikan fenomena lain seperti akan datangnya gempa atau bencana besar lainnya. Awan tersebut hanya mengindikasikan adanya turbulensi dilapisan atas (bukan di permukaan bumi)," ungkapnya.

(Baca juga: Tiba di Tanah Air, Habib Rizieq Akan Nikahkan Najwa Shihab)

Namun kemunculan awan menyerupai mangkok ini disebut Teguh berbahaya bagi dunia penerbangan. Mengingat awan jenis ini dapat memicu adanya turbulensi.

"Bagi dunia penerbangan cukup berbahaya karena pesawat akan mengalami turbulensi atau mengalami guncangan. Awan ini juga berbahaya bagi penerbangan rendah seperti helikopter di sekitar awan," tukasnya.

Sebagai informasi sebelumnya awan menyerupai mangkok muncul di kawasan sekitar Gunung Arjuno lereng Kabupaten Malang, muncul pada Kamis pagi 5 November 2020. Awan berjenis lentikularis ini ternyata juga tampak dari sisi Gunung Putri yang berada di Kabupaten Malang sisi barat.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini