Jembatan Tak Kunjung Selesai, Warga Panggul Motor Seberangi Sungai

Iskandar Nasution, iNews · Jum'at 06 November 2020 08:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 06 340 2305076 jembatan-tak-kunjung-selesai-warga-panggul-motor-seberangi-sungai-7z2ZxY6fPR.jpg (Foto: iNews/Iskandar Nasution)

LEBAK – Hujan deras membuat jembatan sementara di wilayah Kampung Cidadap, Desa Wanasalam, Kecamatan Wanasalam, Lebak, Banten, terendam banjir. Akibatnya, motor warga harus digotong untuk menyeberang sungai. Warga mengaku embangunan jembatan permanen dirasa cukup lamban.

Jumat (6/11/2020) pagi, warga Kampung Cidadap masih melakukan aksi panggul sepeda motor, di titik banjir tersebut. Banyaknya warga yang hendak melintas membuat warga melakukan aksi sosial dengan membantu menyeberangi banjir dengan cara memanggul sepeda motor.

Pembangunan jembatan permanen yang dilakukan oleh Dinas PUPR, Kabupaten Lebak dinilai warga cukup lamban. Warga juga merasa tidak yakin jembatan tersebut akan selesai tepat waktu. Selain saat ini memasuki musim penghujan, pengerjaan terkendalam pandemi Covid-19.

Foto: iNews

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lebak, Maman SP mengatakan, pembangunan jembatan permanen dilakukan agar jalur tersebut tidak lagi tergenang banjir. Jembatan permanen dibangun lebih tinggi dan lebih lebar agar kendaraan bisa berpapasan sekaligus. Namun pihak PUPR sendiri tidak menganggarkan adanya jembatan sementara karena memang tidak ada dananya.

Baca juga: Bertaruh Nyawa Melintasi Jembatan Penghubung 2 Kecamatan

Pembangunan jembatan permanen ditargetkan selesai pada 16 Desember 2020. Namun melihat kondisi pembangunan jembatan yang lamban, warga khawatir target tersebut tak tercapai.

Sementara itu, dana yang dikumpulkan dari menggotong sepeda motor digunakan untuk membeli material dan memperbaiki jalur alternative, agar warga tetap bisa melintas.

Warga juga tetap membantu pengendara yang ingin melintas selama 24 jam, mengingat jalur tersebut merupakan jalan utama bagi warga Wanasalam. Jika memutar arah, warga harus melintasi jalan kampung sejauh 14 kilometer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini