Demam Tinggi, Seorang Pendaki Dievakuasi dari Puncak Bawakaraeng

Bugma, iNews · Senin 09 November 2020 19:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 09 609 2306865 demam-tinggi-seorang-pendaki-dievakuasi-dari-puncak-bawakaraeng-KOAJmZhvLn.jpg Tim Basarnas evakuasi pendaki dari Puncak Gunung Bawakaraeng (Foto: Bugma)

GOWA - Seorang pendaki di Gowa, Sulawesi Selatan, Senin (9/11/2020) terpaksa ditandu dan dievakuasi ke kaki Gunung Bawakaraeng. Pria bernama Marten itu mengalami demam tinggi dan hipotermia hingga kondisi tubuhnya terus lemas.

Kondisi jalur pendakian yang ekstrem dan licin dan hujan membuat proses evakuasi dilakukan hingga sembilan jam. Tim Basarnas terus berupaya memberikan pertolongan pertama terhadap Marten.

Marten mengalami demam tinggi dan hipotermia di puncak Gunung Bawakaraeng. Evakuasi dilakukan setelah Marten diberikan obat-obatan.

Baca Juga:  Pendaki Dibatasi, Tradisi Upacara HUT RI di Puncak Lawu Juga Ditiadakan

Laporan gangguan kesehatan korban saat melakukan pendakian pertama kali dilaporkan rekannya ke Posko Basarnas. Tim Basarnas kemudian langsung bergerak dan mengevakuasi korban untuk mendapat pertolongan medis.

"Kondisi korban lemah, demam, kemudian serahkan ke pihak puskesmas," ujar Dantim Basarnas Makassar, Darul.

Sebelumnya, Marten melakukan pendakian ke Gunung Bawakaraeng bersama sembilan rekannya sejak Jumat 6 November 2020 sore. Namun, korban mulai merasakan lemas saat baru tiba di pos 10 Gunung Bawakaraeng. Kondisi tubuhnya yang kurang fit membuat korban terus lemas hingga tubuhnya sulit digerakkan.

Usai berada di kaki Gunung Bawakaraeng, korban langsung dibawa ke puskesmas untuk diberikan pertolongan medis. Baca Juga: Tali Putus, Pendaki Jatuh ke Kawah Condrodimuko Gunung Lawu

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini