Arah Erupsi Merapi Diprediksi ke Tenggara dan Barat, Ini Imbauan Gubernur Jateng

Ahmad Antoni, Sindonews · Rabu 11 November 2020 14:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 512 2307917 arah-erupsi-merapi-diprediksi-ke-tenggara-dan-barat-ini-imbauan-gubernur-jateng-T0R6vyE1Gq.jpg Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Taufik Budi)

SEMARANG - Seluruh pihak harus terus bersiaga dengan status Gunung Merapi yang naik. Kesiapsiagaan juga termasuk menghadapi skenario luncuran awan panas yang disebut akan mengarah ke wilayah tertentu akibat angin.

“Skenario sudah ada semua, jadi kalau arahnya ke Magelang ya Magelang siap. Makanya, kemarin saya tengok tiga-tiganya baik di Klaten, Boyolali, Magelang. Semua mesti siap,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Rabu (11/11/2020).

Namun, Ganjar juga mengimbau pada seluruh komponen di sana untuk tidak siap menggunakan setiap skenario yang ada. Sebab, prediksi yang muncul saat ini bisa saja berubah.

“Kalau (prediksi) arahnya kan kemarin antara Jogja dengan Klaten, cuma saya ingatkan eh nanti dulu lho ya. Itu nggak pernah sesuai skenario lho, ini skenarionya gusti Allah, jadi semua harus siaga,” tegas Ganjar.

Baca Juga:  Gemuruh Terdengar di Gunung Merapi, Berasal dari Guguran Material Lama

Terlepas dari itu, pihaknya juga memastikan kesiapan TNI, Polri, Tagana, PMI hingga relawan lainnya itu juga didukung oleh kesadaran warga sekitar Gunung Merapi yang semakin tinggi.

“Masyarakatnya kan sebenarnya dari sekian tahun mereka ada di situ udah paham tentang karakter merapi. Nah, sekarang tinggal kita kasih informasi yang lebih detail agar mereka semuanya siaga terus, nah kekuatan-kekuatan baik di BPBD dibantu oleh kepolisian, TNI, Tagana itu mereka kita siapkan,” ujarnya.

Sementara, untuk perkembangan Gunung Merapi sendiri hingga saat ini masih berstatus siaga. Ganjar menyebut beberapa daerah sudah mulai mengevakuasi kelompok rentan.

“Magelang, itu proaktif, seperti kelompok-kelompok rentannya kemarin dibawa lagi terus di Boyolali juga mulai, Klaten siaga. Saya hanya mengingatkan kepada kawan-kawan agar semua menata persiapan untuk tempat penampungan dan pengungsian,” tandasnya.

Baca Juga: Pengungsi Merapi di Desa Tlogomele Mulai Keluhkan Sakit 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini