BMKG: Gempa M5,0 di Pandeglang Tak Berpotensi Tsunami

Puteranegara Batubara, Okezone · Minggu 15 November 2020 02:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 15 340 2309731 bmkg-gempa-m5-0-di-pandeglang-tak-berpotensi-tsunami-O29ooQBGEZ.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa bumi magnitudo 5,0 di Pandeglang, Banten tidak berpotensi tsunami.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangannya yang diterima Okezone, Minggu (15/11/2020).

Rahmat menyebut, gempa itu sendiri merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault.

Baca Juga:  Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Pandeglang Banten 

Dampak gempa dirasakan di daerah Bayah, Cikesik, Ciptagelar, Panggarangan III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu. Carita, Panimbang, Cimanggu, Labuan, Malingping II-III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Cikotok, Rangkasbitung, Sawarna II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," ujar Rahmat.

Baca Juga:  Getaran Gempa M5,0 Pandeglang Banten Terasa di Sejumlah Daerah

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini