Kongo Umumkan Berakhirnya Wabah Ebola

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 19 November 2020 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 19 18 2312295 kongo-umumkan-berakhirnya-wabah-ebola-0LlghmqWjf.jpg Foto: Reuters.

KINSHASA - Republik Demokratik Kongo menyatakan telah bebas dari Ebola setelah mencatat 40 hari tanpa kasus baru penyakit tersebut. Negara itu telah beberapa kali mengalami wabah Ebola dalam beberapa tahun terakhir.

Wabah terbaru Ebola di barat laut Kongo adalah yang ketiga dalam dua tahun terakhir. Tetapi, vaksin dan perawatan yang dikembangkan selama epidemi sebelumnya sekarang menawarkan harapan bagi pasien.

BACA JUGA: Kongo Umumkan Wabah Ebola Baru, Ke-11 Sejak 1976

Diwartakan BBC, sejak 2018, Kongo telah menghadapi wabah Ebola secara berurutan, beberapa di antaranya tumpang tindih.

Pada awal Juni, beberapa pasien didiagnosis Ebola di Mbandaka, Ibu Kota Provinsi Equateur. Sebanyak 130 orang kemudian dinyatakan tertular virus tersebut, dengan 55 di antaranya meninggal.

Kasus Mbandaka muncul ketika wabah yang berbeda di timur negara itu akan segera berakhir.

Lebih dari 2.000 orang meninggal karena penyakit di Provinsi Kivu Utara dan Ituri selama dua tahun. Wabah itu adalah yang terbesar kedua di dunia.

BACA JUGA: Kongo Umumkan Berakhirnya Wabah Ebola di Wilayah Timur Laut

Provinsi Equateur juga mengalami wabah yang jauh lebih kecil pada awal 2018.

Selama periode ini para ilmuwan telah menguji coba vaksin dan perawatan baru di negara tersebut.

Vaksin yang disetujui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) oleh perusahaan farmasi Merck telah diberikan kepada 400.000 orang di RD Kongo. Bulan lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat menyetujui Inmazeb sebagai obat untuk Ebola, setelah uji klinis di negara tersebut.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini