Ulang Tahun Pernikahan Ke-73, Berikut 10 Fakta Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip

Bima Setiyadi, Koran SI · Jum'at 20 November 2020 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 20 18 2313208 ulang-tahun-pernikahan-ke-73-berikut-10-fakta-ratu-elizabeth-ii-dan-pangeran-philip-gc877SHCc8.jpg Foto: Daily Mail

LONDON - Ratu Inggris Elizabeth II dan Pangeran Philip merayakan ulang tahun pernikahan ke-73 mereka pada hari ini, Jumat (20/11/2020). Melansir Woman&Home, Jumat (20/11/2020), berikut sederet fakta dan sejarah kehidupan rumah tangga Ratu berusia 94 tahun dan Pangeran 99 tahun tersebut.

1. PERTEMUAN PERTAMA

Elizabeth dan Philip pertama kali bertemu pada 1934 di pernikahan Putri Marina dari Yunani dan Denmark (sepupu Philip) dan Pangeran George, Duke of Kent (paman Elizabeth). Elizabeth berusia delapan tahun saat itu. Lima tahun kemudian ketika Elizabeth berusia 13 tahun dan Philip berusia 18 tahun, pasangan itu bertemu lagi di Royal Naval College di Dartmouth. Di sanalah, kabarnya, mereka mulai tertarik dan mulai bertukar surat.

2. LAMARAN BERSEJARAH

Philip melamar Elizabeth di Royal Family's Balmoral Estate pada musim panas 1946 dengan cincin berlian bundar tiga karat, dengan berlian yang berasal dari tiara milik ibunya, Putri Alice dari Battenberg. Pertunangan pasangan itu awalnya dirahasiakan, dan pengumuman resminya ditunda hingga Juli 1947. Itu dilaporkan atas perintah ayah Elizabeth, Raja George VI, yang mengatakan dia tidak akan memberikan restunya sampai putrinya berusia 21 tahun.

(Baca juga: Di Negara Ini, Ribuan Bus Pariwisata Berdebu, Tak Terurus Bagaikan "Kuburan")

3. HARI PERNIKAHAN

Putri Elizabeth menjadi anggota ke-10 dari keluarga Kerajaan yang menikah di Westminster Abbey, ketika dia dan Philip mengikat ikatan pada 20 November 1947. Saat itu juga Philip diangkat menjadi Adipati Edinburgh pada pagi hari pernikahan. Ada sedikit insiden di pernikahan mereka, di mana tiara Elizabeth putus saat sedang bersiap-siap dan harus segera diperbaiki.

4. PERAYAAN PESTA PERNIKAHAN

Sebagai Ratu Inggris terlama dalam sejarah, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip telah merayakan sejumlah pesta pernikahan, yaitu pesta pernikahan Perak pada 1977, Emas pada 2002, Berlian pada 2012 dan Safir pada 2017.

5. MENJADI RATU

Kurang dari lima tahun pernikahan mereka, Elizabeth yang saat itu berusia 25 tahun menerima berita kematian ayahnya dan langsung naik tahta sebagai Ratu Elizabeth II. Penobatannya terjadi lebih dari satu tahun kemudian pada 2 Juni 1953. Suaminya, Philip, harus bersumpah setia kepada Ratu yang baru.

6. MENJADI ORANG TUA

Tidak lama setelah menikah mereka melahirkan pewaris tahta. Pangeran Charles, anak pertama mereka, lahir pada 1948 hanya setahun setelah pernikahan. Putri Anne lahir dua tahun kemudian pada 1950. Pasangan itu menunggu satu dekade sebelum memiliki dua anak lagi, Pangeran Andrew pada 1960 dan Pangeran Edward pada 1964.

7. MENJADI KAKEK-NENEK

Keluarga kerajaan terus berkembang dan Ratu serta Pangeran Philip sekarang memiliki delapan cucu dan delapan cicit. Sementara seluruh dunia mengenal Elizabeth sebagai 'Ratu' atau 'Yang Mulia', orang-orang seperti Pangeran George dan Mia Tindall memanggilnya 'Gan-Gan'.

8. TINGGAL TERPISAH

Sepupu Pangeran Philip, Lady Pamela Hicks mengungkapkan bahwa Ratu serta Pangeran tidur di lokasi yang terpisah. Di Inggris, kelas atas selalu memiliki kamar tidur terpisah. Sejak Pangeran pensiun pada 2017, pasangan itu sebagian besar hidup terpisah, dengan Pangeran Philip tinggal di Wood Farm di Sandringham Estate sementara Ratu di Istana Buckingham. Namun sejak wabah Covid-19, pasangan itu mengisolasi diri bersama di Kastil Windsor .

9. MENGATASI RINTANGAN BERSAMA

Dalam 73 tahun mereka menikah, Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip mengalami masa-masa sulit bersama. Mereka melewati kerusakan pernikahan, skandal keluarga, dan kebakaran di Kastil Windsor, pasangan itu juga menghadapi sejumlah kematian keluarga dekat, termasuk kematian Putri Diana pada 1997 dan Ibu Suri dan Putri Margaret pada 2002.

10. SELERA HUMOR

Pangeran Philip terkenal dengan selera humornya yang bisa membuat istrinya tertawa selama ini. Faktanya, ketika Philip tertangkap sedang ngebut di London pada hari gladi bersih pernikahannya pada 19 November 1947, dia memberi tahu polisi 'Maaf, petugas, tapi saya punya janji dengan Uskup Agung Canterbury.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini