Telepon Presiden AS Terpilih Joe Biden, PM Jacinda Ardern Tawarkan Cara Tangani Covid-19

Susi Susanti, Koran SI · Senin 23 November 2020 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 18 2314562 pm-jacinda-ardern-telepon-presiden-as-terpilih-joe-biden-tawarkan-cara-tangani-covid-19-8u4Ja11skZ.jpg Foto: ABC News

WELLINGTON - Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Jacinda Ardern menawarkan kemampuan negaranya menangani virus korona ke Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden.

Ini disampaikan Ardern saat memberi ucapan selamat ke Biden sebagai Presiden AS terpilih pada hari ini waktu setempat.

Ardern mengatakan dirinya berbincang-bincang dengan Biden melalui sambungan telepon selama 20 menit. Perbincangan itu berlangsung penuh kehangatan. Biden pun mengapresiasi cara Selandia Baru menangani pandemi Covid-19 dengan sangat baik.

“Apa yang benar-benar menjadi inti dari tanggapan kami adalah beberapa hal mendasar seputar pengujian, pelacakan kontak, isolasi. Itu yang kami lalukan di sekitar perbatasan kami,” ungkap Ardern, dikutip Channel News Asia.

(Baca juga: Pandemi Covid-19 Perburuk Momok Kekerasan Seksual)

Seperti diketahui, Selandia Baru berhasil melenyapkan virus korona setelah memberlakukan pembatasan atau “lockdown” yang ketat sejak Maret lalu dan langsung menutup wilayah perbatasannya. Di negara ini hanya tercatat 25 orang yang meninggal karena virus korona dari jumlah penduduk totalnya yakni sekitar 5 juta jiwa.

Ardern mengatakan Biden ingin melanjutkan diskusi tentang penangan korona lebih lanjut di Selandia Baru. Namun dia mengingatkan jika apa yang dilakukan suatu negara belum tentu bisa dilakukan di negara lain.

“Meskipun Selandia Baru memiliki sejumlah keuntungan alami yang telah membantu kami dalam mengelola virus, saya sangat yakin kerja sama internasional terus menjadi kunci untuk mengendalikan virus. Kami senang bekerja dengan negara manapun untuk berbagi pengetahuan dan data kami jika itu berguna,” terangnya.

Selain membahas Covid-19, kedua pemimpin negara ini juga membahas masalah perdagangan dan perubahan iklim. Di obrolan itu, Biden juga sempat mengenang tentang warisan Irlandia yang dimilikinya dan kenangan indah saat mengunjungi Selandia Baru beberapa tahun lalu. PM Ardern pun mengundangnya untuk datang berkunjung lagi.

Melalui sebuah pernyataan, Biden memuji “kepemimpinan luar biasa” Ardern setelah penembakan massal tahun lalu di dua masjid Christchurch. Termasuk status Ardern sebagai ibu yang bekerja dan “role model” untuk banyak orang.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini