Radio Israel: PM Netanyahu Diam-Diam Temui Putra Mahkota Saudi Akhir Pekan Lalu

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 23 November 2020 16:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 18 2314630 radio-israel-pm-netanyahu-diam-diam-temui-putra-mahkota-saudi-akhir-pekan-lalu-QQC6hfxIUd.jpg Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo. (Foto: Reuters)

YERUSALEM - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu melakukan kunjungan rahasia ke Arab Saudi untuk bertemu dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) pada Minggu (22/11/2020), demikian dilaporkan radio Kan Israel pada Senin (23/11/2020).

Kantor Netanyahu dan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Yerusalem belum memberikan komentar mengenai laporan tersebut.

BACA JUGA: Putra Mahkota Saudi Takut Dibunuh Rakyatnya Sendiri Jika Normalisasi Hubungan dengan Israel

Avi Scharf dari surat kabar Israel Haaretz menerbitkan data pelacakan penerbangan yang menunjukkan bahwa sebuah jet bisnis telah melakukan perjalanan singkat dari Tel Aviv ke Neom, di pantai Laut Merah Arab Saudi, tempat MBS dan Pompeo mengadakan pertemuan yang dijadwalkan pada Minggu.

Pompeo telah mencoba membujuk Arab Saudi untuk mengikuti tetangganya, Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain, membangun hubungan formal dengan Israel. Pemulihan hubungan yang dibangun kedua negara tersebut sebagian besar dibangun atas kekhawatiran bersama tentang Iran.

BACA JUGA: Terungkap! Putra Mahkota Arab Saudi Diam-diam Kunjungi Israel, Ada Apa Ya?

Riyadh sejauh ini menolak untuk menormalisasi hubungan dengan Israel, mengatakan tujuan pembentukan negara Palestina yang merdeka harus terlebih dahulu dipenuhi. Tetapi, Arab Saudi telah mengizinkan maskapai penerbangan Israel untuk terbang melewati wilayah mereka ke tujuan Teluk yang baru tersedia dan ke Asia.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini