Biden Calonkan Diplomat Veteran Antony Blinken Sebagai Menteri Luar Negeri

Agregasi VOA, · Senin 23 November 2020 17:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 18 2314687 biden-calonkan-diplomat-veteran-anthony-blinken-sebagai-menteri-luar-negeri-gsrPK054si.jpg Anthony Blinken. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC – Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden akan menominasikan diplomat veteran, Antony Blinken, sebagai menteri luar negeri di kabinetnya, demikian dilaporkan beberapa media.

Keputusan itu dipandang sebagai sebuah isyarat kembalinya Negeri Paman Sam ke multilateralisme bertolak belakang dari kebijakan Presiden Donald Trump yang mengabaikan sekutu-sekutu tradisional AS.

BACA JUGA: Besok, Joe Biden Bakal Tetapkan Anggota Kabinet

Blinken adalah seorang mantan wakil menteri luar negeri di bawah pemerintahan Barack Obama yang juga merupakan pembantu Biden sejak lama, demikian diwartakan VOA.

Rencana pencalonan pria berusia 58 tahun itu telah dilaporkan oleh Bloomberg dan New York Times, dan diperkirakan akan diumumkan secara resmi pada Selasa (24/11/2020).

BACA JUGA: Putin Belum Ucapkan Selamat ke Joe Biden, Tunggu Hasil Resmi Pilpres AS

Apabila dikonfirmasi oleh Senat, Blinken akan menggantikan Mike Pompeo. Selama ini prioritas Pompeo termasuk pendekatan yang lebih konfrontasional terhadap China dan mengendalikan Iran.

Pengangkatan Blinken sebagai diplomat tertinggi AS bisa membantu meyakinkan sekutu-sekutu tradisional AS yang selama ini diabaikan dan bahkan dicemooh oleh Trump.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini