Bisnis Kulinernya Dapat Dana Rp28 Miliar, Gibran: Ini Hadiah untuk Kaesang

Ary Wahyu Wibowo, Koran SI · Selasa 24 November 2020 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 512 2314851 bisnis-kulinernya-dapat-dana-rp28-miliar-gibran-ini-hadiah-untuk-kaesang-0myDrKWPkM.jpg Gibran Rakabuming (Foto : Okezone.com)

SOLO - Startup kuliner Mangkokku yang digawangi dua Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep bersama juri masterchef Indonesia Arnold Poernomo serta pengusaha Randy Kartadinata mendapat kucuran pendanaan 2 juta dollar atau setara sekitar Rp28 miliar dari perusahaan modal ventura Alpha JWC Ventures.

“Ini hadiah untuk Kaesang sebelum saya limpahkan semua tanggungjawab kepada Kaesang,” ujar Gibran Rakabuming Raka usai Sarasehan Keluarga Besar Partai Bulan Bintang (PBB) di Gedung Djuang 45 Solo, Senin (23/11/2020) malam.

Gibran mengaku saat ini merupakan hari hari terakhir dirinya sebelum 100 persen terjun ke dunia politik. Sehingga, kucuran pendanaan ventura Alpha JWC Ventures merupakan hadiahnya untuk Kaesang dan partner bisnisnya.

Diharapkan, Mangkokku yang mengkhususkan diri dalam menyajikan rice bowl tahun depan bisa meroket. Kerjasama bisnis bersama rekan membuatnya sedikit memberi kelonggaran dan bisa fokus ke politik. Saat ini, Gibran Rakabuming Raka menjadi Calon Wali Kota Solo yang diusung PDI Perjuangan.

Dalam pengelolaan bisnis, lanjut Gibran, Kaesang Pangarep kini lebih ke operasional. “Kalau saya pengawasan saja, kontrol dari jauh,” ucap Suami Selvi Ananda ini.

Ke depan bisnis akan dikelola oleh Kaesang Pangarep, dan beberapa partnernya. “Kalau Mangkokku khan empat orang,” ujarnya.

Kaesang, kata Gibran, sebagai anak muda harus bisa menggerakkan anak anak muda lain untuk bisa memiliki jiwa kewirausahaan. “Dan namanya peluang di tengah pandemi seperti ini banyak sekali,” tegasnya.

Dalam menjalankan usaha di tengah pandemi Covid-19, Gibran justru menambah cabang banyak dan dapat investasi. Pandemi Covid-19 diharapkan jangan dilihat dari jeleknya saja.

Baca Juga : Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor Kembali Lakukan Rapid Test di Megamendung

Namun, sebuah kesempatan untuk berinovasi dan beradaptasi. Tips yang dilakukan antara lain menerapkan cloud kitchen, menggerakkan e-commmerce, menggerakkan marketplace, Go Food, Grab Food dan lainnya.

“Semuanya kita genjot, meskipun makan di tempat dilarang karena PSBB, kita bisa menggenjot di sisi delivery-nya. Jangan dilihat sebagai sebuah hambatan, kita lihat sebuah peluang,” tuturnya.

Pihaknya dipercaya Alpha JWC Venture karena Mangkokku adalah brand F&B yang cukup resilient di era pandemi Covid-19. Bukan Cuma bertahan di era pandemi, namun masih bisa membuka cabang baru di tengah masa sulit seperti ini.

“Harapannya ke depan bisa membuka cabang di seluruh Indonesia dan membuka lapangan pekerjaan lebih banyak lagi. Kami saat ini sudah memiliki 22 cabang,” pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini