Warga Sekitar Puslatpur Antusias Tonton Puncak Latancab Kartikda Yudha 2020

Riezky Maulana, iNews · Kamis 26 November 2020 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 610 2316460 warga-sekitar-puslatpur-antusias-tonton-puncak-latancab-kartikda-yudha-2020-hxEnlTpnuc.jpg Warga antusias nonton latihan tempur TNI-AD. Foto: Maulana Riezky

MARTAPURA - Ratusan waga Batu Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan Kamis (26/11/2020) pagi mulai berdatangan ke PusatĀ  Latihan Tempur (Puslatpur) TNI AD. Tujuan mereka datang guna menyaksikan langsung kegiatan Latihan Antar Kecabangan (Latancab) tingkat Brigade TNI AD Kartika Yudha Tahun 2020.

Pantauan di lokasi, para warga, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa berdatangan sekira pukul 06.30 WIB. Mereka memanfaatkan medan latihan tempur yang berkontur perbukitan untuk duduk-duduk santai dengan menggelar tikar sambil menunggu latihan di mulai.

(Baca juga: Irjen Napoleon Bonaparte 'Seret' Nama Kabareskrim dan Azis Syamsuddin di Persidangan)

TNI AD selaku penyelenggara menyediakan satu videotron besar untuk memudahkan masyarakat menyaksikan jalannya suasana latihan. Tersedia pula dua tenda untuk para warga agar tidak terkena teriknya sinar matahari.

Herman (42) warga setempat mengatakan, dia datang beserta dua anaknya sejak pagi tadi sekira pukul 06.00 WIB. Ini merupakan kali pertamanya menyaksikan TNI AD menjalani latihan.

"Saya datang dari jam 6 pagi tadi. Alasannya pengen lihat saya tentara latihan itu kayak gimana. Pertama kali ini saya menyaksikan tentara latihan, rasanya senang sekali," ucapnya di lokasi.

Di kesempatan yang sama, Amrullah (42) juga membawa satu anaknya yang masih balita untuk datang ke lokasi Latancab 2020. Dia datang ke lokasi lantaran penasaran dengan perubahan yang terjadi di latihan tahun ini. "Penasaran aja kan apa perubahannya tahun ini tahun kemarin saya juga datang," tuturnya.

Dia mengaku senang dan bangga menyaksikan TNI AD berlatih. Menurutnya, Indonesia memiliki pertahanan yang kuat dan prajurit-prajurit yang tangguh. "Ya senang dan bangga. Indonesia memiliki pertahanan yang kuat dan para prajuritnya juga tangguh-tangguh," katanya.

Sejumlah anak-anak turut mengenakan pakaian loreng hijau hitam khas pakaian TNI. Mereka terlihat riang gembira dan tak sedikit yang mengajak serta foto bersama personel TNI.

Sekadar informasi, Latancab Kartika Yudha 2020 ini dilaksanakan di dua tempat terpisah, yakni di Mako Brigif R-9 untuk Latihan Posko 1 dan Latihan Simulasi Tempur Komputer serta latihan taktis di Puslatpur, Baturaja. Personel yang mengikuti latihan sebanyak 3.123 orang Prajurit dari Brigif R-9/2 Kostrad serta 1.872 orang pelatih dan pendukung.

(Baca juga: Edhy Prabowo Ditangkap, Fadli Zon: Semoga KPK Temukan Harun Masiku)

Latihan tersebut meliputi tiga kegiatan antara lain Latihan posko 1 materi serangan yang dilaksanakan lima hari di Mabrigrif Raider 9 Jember, kemudian Materi posko menggunakan dengan alat pendukung simulasi tempur dengan materi pertahanan. Latihan terakhir yakni latihan taktis dengan pasukan di Puslatpur Baturaja dengan waktu total 33 hari dengan rincian serpas berangkat delapan hari, pelaksanaan 16 hari, dan serpas kembali sembilan hari.

Latihan taktis sendiri sudah dimulai sejak tanggal 11 November 2020 yang puncaknya dilangsungkan pada hari ini 26 November 2020. Rencananya, Kepala Staf Angakatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa akan menghadiri acara latihan puncak, dengan didampingi oleh Komandan Kodiklat TNI AD Letjen TNI AM. Putranto, dan Asisten Latihan KSAD, Mayjen TNI Harianto.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini