Penampakan Kuburan Ribuan Alat Perang Uni Soviet, dari Tank sampai Jet Tempur

INews.id, · Sabtu 28 November 2020 14:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 28 18 2317908 penampakan-kuburan-ribuan-alat-perang-uni-soviet-dari-tank-sampai-jet-tempur-wuvWxurk7k.jpg Foto: Lana Sator.

MOSKOW - Seorang fotografer menangkap ribuan bangkai armada tempur Uni Soviet, seperti tank, helikopter, jet tempur, serta kendaraan taktis, yang pernah digunakan dalam berbagai misi perang. Armada tempur itu ditelantarkan di berbagai lokasi di Rusia.

Hasil pengambilan gambar dari udara menunjukkan setidaknya 1.000 tank yang ditelantarkan di ujung timur Rusia setelah runtuhnya Uni Soviet.

BACA JUGA: Berdirinya Uni Soviet

Gambar lain mengungkap beberapa jet tempur MiG-23 peninggalan Soviet dibiarkan berkarat di pangkalan udara. Jet-jet itu ditinggalkan di hanggar pangkalan udara Sakhalin.

Foto: Lana Sator.

Di lokasi lain, lepas pantai Kota Derbent terdapat sebuah kendaraan Societ Lun-Class. Dibangun pada 1975, itu mesin tempur besar itu sudah tak selama 45 tahun terakhir.

Gambar lain menunjukkan deretan helikopter yang baling-balingnya sudah copot telantar. Helikopter angkut itu dibiarkan berkarat setelah pemerintah menghentikan anggaran perawatan.

Foto-foto itu diambil oleh fotografer Rusia Lana Sator saat melakukan tur ke penjuru negara untuk mengungkap peninggalan Komunis Uni Soviet. Perempuan 31 tahun itu mengabadikan pemandangan luar biasa itu menggunakan kamera Sony dan drone DJI Mavic Pro.

“Saya mencoba membuat orang merasakan estetika dan suasana serta energi dari tempat-tempat yang diabaikan ini. Foto yang saya ambil dari udara terlihat sangat fantastis dan kuat,” kata Lana, seperti dikutip dari The Sun, Sabtu (28/11/2020).

Dia menambahkan, alat-alat tempur itu sebenarnya bukan tidak terpakai lagi. Rusia suatu saat bisa saja menggunakannya kembali. Secara teori, kata dia, ribuan tank tersebut masih dapat dioperasikan kembali saat dibutuhkan.

Foto: Lana Sator.

"Merupakan suatu kehormatan untuk bisa melakukan perjalanan dan dapat menangkap suasana tempat-tempat ini dari sudut berbeda yang belum pernah dilihat sebelumnya," ujarnya.

Pada puncak kejayaannya, Uni Soviet memiliki antara 4 juta sampai 5 juta tentara.

BACA JUGA: Putra Pemimpin Soviet Tewas di AS dengan Luka Tembak di Kepala

Aturan di Soviet saat itu mewajibkan semua pria berusia cukup untuk mengabdi minimal 2 tahun di ketentaraan. Sebagai hasil dari wajib militer yang ketat, Uni Soviet memiliki tentara aktif terbesar di dunia sejak 1945 hingga 1991.

Foto: Lana Sator

Menurut Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm, Uni Soviet memiliki 20.000 tank, 1.500 helikopter, 30.000 kendaraan tempur lapis baja, serta 13.000 artileri.

Runtuhnya Tembok Berlin pada November 1989 menandai berakhirnya Perang Dingin yang berlanjut dengan pecahnya Uni Soviet.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini