21 Ribu Warga Mengungsi Imbas Erupsi Gunung Ile Lewotolok

Joni Nura, iNews · Minggu 29 November 2020 19:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 29 340 2318399 21-ribu-warga-mengungsi-imbas-erupsi-gunung-ile-lewotolok-YaQs672Cc4.jpg Pengungsi erupsi Gunung Ile Lewotolok (Foto: Joni Nura)

NTT - Warga yang berada di kaki Gunung Ile Lewotolok mengungsi ke Kota Lewoleba, Nusa Tenggara Timur (NTT). Para pengungsi ini ditampung di kantor bupati lama dan pihak BPBD membangun tenda di halaman kantor bupati lama tersebut.

Para korban erupsi Gunung Api Ile Lewotolok yang ditampung di kantor lama bupati Lembata belum terurus. Sementara pihak pemda masih terus berupaya mengevakuasi para warga yang masih memilih bertahan di kampung mereka.

Baca Juga:  Gunung Ile Lewotolok Siaga, Masyarakat Diminta Hindari Aktivitas Radius 4 Km

Hingga saat ini, sebanyak 21 ribu jiwa mengungsi di kantor bupati lama dan di tenda BPBD Lembata . Adapun aktivitas gunung api ini terus meningkat pada statusnya sudah Siaga.

Kepala BPBD Lembata Kanis Making mengatakan, sudah banyak warga yang dievaluasi ke Kota Lewoleba dan lainnya evakuasi mandri mereka. "Sementara kita tampung di kantor bupati lama dan sejumlah kantor dinas," tuturnya, Minggu (29/11/2020).

Menurutnya, ada sejumlah warga yang mengalami luka, namun sudah diobati. Bupati Lembata pun ikut turun langsung ke tenda pengungsian dan memberikan arahan agar warga jangan panik dan tetap waspada serta selalu taat protokol kesehatan untuk atasi virus corona.

Hingga saat ini gunung api masih saja semburkan abu vulkanik dan warga di minta tetap waspada. Baca Juga: Status Gunung Ile Lewotolok Naik Jadi Siaga, Berikut Rekomendasi PVMBG

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini