Share

Pertama dalam Sejarah Selama 33 Tahun, Ratu Elizabeth Rayakan Natal Sendirian

Susi Susanti, Koran SI · Rabu 02 Desember 2020 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 18 2320164 pertama-dalam-sejarah-selama-33-tahun-ratu-elizabeth-habiskan-natal-sendirian-5k5aZkeEF8.jpg Foto: Reuters

INGGRISRatu Elizabeth II mengonfirmasi dirinya akan menghabiskan Natal sendirian hanya bersama suaminya, Pangeran Philipp.

Keputusan memilukan ini diambil untuk menginsipirasi warganya agar merayakan Natal lebih hati-hati di tengah gejolak pandemi Covid-19. Pasangan itu berencana menghabiskan masa Natal yang tenang sendirian di Kastil Windsor. Ini adalah Natal pertama tanpa keluarga besar selama 33 tahun.

Diketahui, Ratu dan suaminya meninggalkan Sandringham untuk pertama kalinya dalam 33 tahun dan menetap di Kastil Windsor selama pandemi.

Ratu, 94, dikabarkan akan mengobrol dengan keluarga melalui panggilan Zoom. Ratu dan Pangeran Philip memainkan peran mereka dalam usaha mengalahkan Covid-19 tanpa merayakan acara trandisional Natal bersama keluarga.

Sumber istana juga mengkonfirmasi meskipun ada pedoman resmi yang memungkinkan pertemuan untuk beribadah, Ratu tidak akan menghadiri kebaktian gereja pada Hari Natal untuk menghindari menarik banyak orang.

(Baca juga: Mesir Tahan Fotografer yang Memotret Model Seksi di Piramida)

Ini dilakukan setelah kepala penasihat medis Profesor Chris Whitty pekan lalu memperingatkan agar tidak melakukan kontak fisik dengan kerabat lansia selama Natal.

“Jangan lakukan hal-hal bodoh. Apakah saya akan mendorong seseorang untuk memeluk dan mencium kerabat lansia mereka? Tidak, saya tidak akan melakukannya,” terangnya, dikutip Mirror.

Sumber kerajaan mengatakan Ratu membuat keputusan untuk memimpin dengan memberi contoh dan meninggalkan pertemuan keluarga, setelah berkonsultasi dengan dokter istana dan anggota keluarga lainnya, termasuk suaminya Pangeran Philip, 99.

“Ratu sangat menyadari perlunya berhati-hati selama krisis dan periode Natal tidak berbeda,” terang sumber itu.

“Ratu dan Duke beruntung bisa menghabiskan Natal bersama keluarga mereka setiap tahun.

“Mereka memahami keluarga mereka akan memiliki tuntutan yang selama periode Natal dan puas dengan musim perayaan yang tenang tahun ini. Seperti semua orang, mereka berharap segalanya akan kembali normal pada 2021,” terangnya.

Seorang juru bicara Istana menambahkan stelah mempertimbangkan semua nasihat yang tepat, Ratu dan Duke of Edinburgh telah memutuskan tahun ini mereka akan menghabiskan Natal dengan tenang di Windsor.

Momen ini akan menjadi pertama kalinya sejak 1988 para bangsawan tidak akan berada di perkebunan Norfolk di Sandringham, tempat Ratu tinggal sampai 6 Februari. Biasanya mereka merayakannya di Kastil Windsor setiap tahun hingga 1987, karena alasan renovasi. Sang Ratu juga suka memperingati hari kematian ayahnya di sana.

Sumber istana juga mengatakan Ratu akan meluangkan waktu selama liburan untuk berbicara dengan anggota keluarga yang tidak dapat dia temui secara langsung.

Sementara itu, Direktur amal Age UK, Caroline Abrahams, mengapresiasi keputusan Ratu.

“Coronavirus tidak membedakan pendapatan atau status dan merupakan ancaman berbahaya bagi semua orang di kemudian hari,” ujarnya.

“Tidak diragukan lagi beberapa orang tua dan keluarga mereka akan memutuskan untuk datang bersama selama Natal, dan mudah-mudahan mereka akan bersenang-senang dengan aturan yang telah ditetapkan,” terangnya.

“Banyak orang lanjut usia lainnya akan sendirian saat ini, bahkan lebih banyak dari biasanya, jadi lebih penting dari sebelumnya bahwa kita semua melakukan sedikit untuk tetap berhubungan ramah dan memberi tahu orang yang lebih tua dalam hidup kita bahwa mereka tidak terlupakan, dan bahwa kami peduli,” ungkapnya.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(sst)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini