Usai Test Covid-19, Sebanyak 1.080 Petugas KPPS KPU Kota Bandar Lampung Reaktif

Andreas Affandi, iNews · Rabu 02 Desember 2020 08:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 340 2319952 usai-test-covid-19-sebanyak-1-080-petugas-kpps-kpu-kota-bandar-lampung-reaktif-2RKlFlzXZ4.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

LAMPUNG - Sebanyak 1.080 petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) dan petugas keamanan TPS, dinyatakan reaktif Covid-19 usai menjalani rapid tes yang digelar KPU Kota Bandar Lampung, sejak tanggal 26 November hingga 4 Desember 2020 mendatang.

KPU Kota Bandar Lampung akan melakukan pergantian terhadap petugas KPPS dan keamanan yang hasil rapidnya reaktif. Selain itu, KPU juga juga meminta setiap saksi pasangan calon yang ditempatkan di masing masing TPS, untuk menyertakan surat hasil rapid tes sebelum memasuki lokasi pemungutan suara.

Diketahui, dari hasil rapid tes tersebut, didapati sebanyak 1.080 petugas KPPS dan keamanan dinyatakan reaktif dengan mendekati gejala Covid-19, dengan rincian di hari pertama sebanyak 435 orang, hari kedua 294 orang, dan hingga hari ini terdapat 351 orang yang dinyatakan reaktif.

Baca juga:

Covid-19 Hantui Pilkada, Epidemiolog: Idealnya Semua Pemilih Tes Swab

Pilkada 2020, Waspadai Pemilih Suhu Tubuh Tinggi dan Batuk

Ketua KPU Kota Bandar Lampung, Dedy Triyadi mengatakan, pemberlakukan rapid tes bagi calon anggota KPPS dan petugas keamanan TPS ini untuk mengetahui secara pasti kondisi kesehatan petugas yang akan ditempatkan di masing masing lokasi pemungutan suara.

“Dari hasil pemeriksaan selama sepekan terdapat ribuan calon petugas KPPS dan keamanan yang dinyatakan reaktif,” kata Dedy, Rabu (2/12/2020).

Untuk itu, sambung dia, KPU Kota Bandar Lampung akan memberlakukan pergantian terhadap calon anggota pemungutan suara, dengan petugas baru yang juga akan dilakukan rapid tes yang sama.

“Hal ini dilakukan agar momentum pilkada tidak menimbulkan klaster baru penyebaran wabah covid-19,” tutur Dedy.

Selain memberlakukan rapid tes kepada calon anggota pemungutan suara tersebut, KPU Kota Bandar Lampung juga menghimbau kepada saksi masing masing pasangan calon, untuk melakukan pemeriksaan rapid tes secara mandiri.

“Dan juga kemudian menyertakan surat hasil pemeriksaan kondisi kesehatannya, sebelum memasuki lokasi pemungutan suara pada tanggal 9 Desember mendatang,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini