Mantan Presiden Uruguay Tabare Vazquez Meninggal di Usia 80 Tahun

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 07 Desember 2020 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 07 18 2323054 mantan-presiden-uruguay-tabare-vazquez-meninggal-di-usia-80-tahun-CsPoIYSdx3.jpg Mantan Presiden Uruguay Tabare Vazquez. (Foto: Reuters)

MONTEVIDEO - Mantan Presiden Uruguay Tabaré Vázquez meninggal dunia di Montevideo di usia 80 tahun pada Sabtu (5/12/2020). Dalam sebuah cuitan di Twitter, Minggu (6/12/2020), Putra Vázquez mengatakan, ayahnya meninggal karena menderita kanker paru-paru.

Vázquez, seorang ahli onkologi dan politisi kiri-tengah, dua kali menjabat sebagai presiden Uruguay pada 2005-2010 dan 2015-2020 dan didiagnosis mengidap kanker tahun lalu menjelang akhir masa jabatan keduanya. Partai Front Luas yang diikutinya berkuasa di negara Amerika Selatan berpenduduk 3,4 juta jiwa itu selama 15 tahun hingga pemilihan umum tahun lalu.

BACA JUGA: Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Khamenei Diisukan Segera Serahkan Kekuasaan

"Atas nama keluarga, kami ingin berterima kasih kepada semua warga Uruguay atas cinta yang diterima olehnya selama bertahun-tahun," kata putranya Alvaro Vazquez dalam cuitan di Twitter pada Minggu. Alvaro mengatakan ayahnya meninggal di rumah, di hadapan keluarga dan temannya, demikian diwartakan Reuters.

BACA JUGA: Mantan Presiden Prancis Valery Giscard d'Estaing Meninggal karena Covid -19

Selama menjabat, Vázquez memimpin legalisasi produksi, distribusi, dan penjualan ganja yang dikontrol negara. Putra seorang pemimpin serikat, dia populer di kalangan warga Uruguay karena campuran kebijakan ekonomi pro-bisnis dan program kesejahteraan yang kuat. Langkah-langkah Vázquez membantu memulai satu dekade pertumbuhan kuat dan memangkas kemiskinan di Uruguay setelah krisis parah di awal 2000-an.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini