Xavier Becerra Ditunjuk Jadi Menteri Kesehatan, Orang Latin Pertama di Kabinet Biden

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 07 Desember 2020 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 07 18 2323141 xavier-becerra-ditunjuk-jadi-menteri-kesehatan-orang-latin-pertama-di-kabinet-biden-GEsOmi7u1X.jpg Xavier Becerra. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC - Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah memilih Jaksa Agung California Xavier Becerra untuk menjadi menteri kesehatan di kabinetnya, menurut laporan media. Jika dikonfirmasi, mantan anggota Kongres itu akan menjadi orang Latin pertama yang memimpin departemen kesehatan AS di tengah pandemi Covid-19.

Secara terpisah, Biden memilih ahli penyakit menular, Dr Rochelle Walensky, untuk memimpin Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

BACA JUGA: Dinominasikan Biden, Janet Yellen Akan Jadi Menteri Keuangan Perempuan Pertama AS

New York Times pada Minggu (6/12/2020) mengatakan bahwa dipilihnya Becerra adalah sebuah kejutan, dan terjadi di saat Biden mendapat tekanan untuk menambah keragaman di dalam kabinetnya.

“Biden memenuhi komitmennya untuk menjadikan kabinet sebagai cerminan keragaman,” kata Wali Kota Long Beach, California, Robert Garcia, sekutu lama Becerra dan Biden.

BACA JUGA: Joe Biden Bakal Rekrut Tim Ekonomi Era Obama

Becerra, (62 tahun), memiliki banyak catatan terkait masalah peradilan pidana, imigrasi dan kebijakan perpajakan. Dia telah lama dianggap sebagai calon kuat untuk menduduki posisi jaksa agung. Namun, Becerra juga memimpin koalisi Partai Demokrat untuk membela Undang-Undang Perawatan Terjangkau atau "Obamacare" dari upaya Presiden Donald Trump untuk membatalkannya.

Jika dikonfirmasi, Becerra akan memimpin departemen kesehatan di tengah meningkatnya lagi kasus Covid-19, dengan rekor infeksi baru dan jumlah kematian harian yang menembus angka 2.000 dalam beberapa hari terakhir. Lebih dari 14 juta warga AS telah terinfeksi Covid-19 dan 281.000 meninggal dunia akibat penyakit pernafasan itu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini