Doug Scott, Penakluk Gunung Everest Pertama Meninggal Dunia

Susi Susanti, Koran SI · Selasa 08 Desember 2020 12:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 08 18 2323736 doug-scott-penakluk-gunung-everest-pertama-meninggal-dunia-bFbHKzg50E.jpg Doug Scott, penakluk gunung everst pertama (foto: Daily Mail)

INGGRIS - Doug Scott, orang Inggris pertama yang menaklukkan Gunung Everest, meninggal pada usia 79 tahun karena kanker otak.

Scott, yang lahir dan besar di Nottingham, didiagnosis menderita limfoma otak pada Maret lalu. Dia punharys menjalani perawatan di lantai dasar rumahnya di Lake District.

Community Action Nepal, yang didirikan Scott bersama Sir Chris, memberikan penghormatan kepadanya tadi malam.

“Dengan sangat berat hati kami memberi tahu Anda bahwa pendiri, pemimpin, dan teman baik kami, Tuan Doug Scott, meninggal dengan damai pagi ini, di rumahnya dengan keluarga di sekitarnya,” terang komunitas itu.

British Mountaineering Council menggambarkan Scott sebagai pendukung tak kenal lelah untuk semangat petualangan. Dia menjadi pelindung organisasi pada tahun 2015.

“Doug Scott adalah salah satu pendaki gunung paling berbakat kami. Petualangan mendaki Himalayanya memang legendaris, tapi dia lebih dari sekadar gunung yang dia daki,” terang Presiden BMC Lynn Robinson.

“Doug adalah pendukung yang bersemangat dan tak kenal lelah untuk semangat petualangan dan orang-orang pegunungan Nepal,” tambahnya.

Meski sakit parah, Scott berhasil naik tangga di rumah untuk mengumpulkan uang untuk badan amal yang didirikannya.

Pada Agustus lalu, dia berjuang menaiki 12 anak tangga rumahnya sebagai aksi mengumpulkan uang bersama pendaki lain untuk Community Action Nepal dalam Tantangan Everest 2020.

Dia mengenakan setelan nilon biru yang sama dengan yang dia gunakan pada ekspedisi Everest. Dia juga membawa kapak es yang sama yang dia gunakan saat turun untuk menggali gua tempat dia berlindung selama sembilan jam saa itu, tanpa tenda, kantong tidur, atau oksigen.

Scott diketahui berhasil mencapai puncak Everest pada 24 September 1975. Dia tercatat menjadi pendaki gunung pertama yang berhasil mendaki rute di sepanjang sisi barat daya. Bersama pendaki asal Skotlandia Dougal Haston, keduanya bisa menyelesaikan pendakian dalam 33 hari, mencetak rekor waktu tercepat di puncak.

Sisi barat daya dianggap sangat sulit karena panjangnya dan terpaan angin.

Setelah ekspedisi Scott mencapai puncak everest setinggi 8.848 meter, Ratu pun mengirim pesan kepada tim untuk memberikan ucapan selamat terhangat atas pencapaian luar biasa.

Namun, empat hari setelah Scott dan Haston mencapai puncak, mereka dan juru kamera Mick Burke tersesat. Tubuh Burke pun tidak pernah ditemukan hingga saat ini.

Scott juga tercatat membuat 45 pendakian di pegunungan Asia. Pada tahun 1977, dia dan Sir Chris Bonington melakukan pendakian pertama Baintha Brakk, yang dikenal sebagai Ogre, di Pakistan.

Scott mengalami patah kedua kakinya saat ekspedisi, tetapi masih berhasil turun, merangkak di atas lututnya melewati badai sampai dia berhasil kembali ke base camp.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini