Peretas Rusia Dituding Mata-matai Departemen Keuangan AS

Senin 14 Desember 2020 15:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 14 18 2327424 peretas-rusia-dituding-mata-matai-departemen-keuangan-as-8C71RSFUN7.jpg Ilustrasi.

WASHINGTON – Peretas yang diduga bekerja untuk Rusia disebut memata-matai lalu lintas email internal di Departemen Keuangan dan Perdagangan Amerika Serikat (AS). Menurut pihak-pihak yang mengetahui mengenai masalah ini, peretasan yang terungkap itu dikhawatirkan hanyalah sebagian dari peretasan yang lebih besar.

Pejabat AS belum mengungkapkan peretasan tersebut secara terbuka di luar Departemen Perdagangan yang telah mengonfirmasi ada pembobolan di salah satu badannya. Departemen itu juga telah meminta badan keamanan siber dan keamanan infrastruktur Biro Penyelidik Federal (FBI), untuk melakukan penyelidikan.

BACA JUGA: Amerika Serikat Tuding 4 Tentara China Bobol Data Perusahaan Kartu Kredit

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Ullyot menambahkan bahwa mereka "mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah apa pun yang mungkin terkait dengan situasi ini."

Washington belum secara terbuka mengidentifikasi siapa yang mungkin berada di balik peretasan tersebut, tetapi tiga orang yang mengetahui penyelidikan mengatakan bahwa Rusia saat ini diyakini bertanggung jawab atas serangan itu.

Dua orang mengatakan bahwa serangan tersebut terkait peretasan yang baru-baru ini diungkapkan di FireEye, sebuah perusahaan keamanan siber besar AS, yang memiliki kontrak pemerintah dan komersial.

BACA JUGA: Trump: Seluruh Dunia Ingin Meretas Amerika Serikat

Dalam sebuah pernyataan yang diposting di sini ke Facebook, kementerian luar negeri Rusia menggambarkan tuduhan itu sebagai upaya lain yang tidak berdasar oleh media AS untuk menyalahkan Rusia atas serangan siber terhadap badan-badan AS.

Sementara itu Moskow mengatakan bahwa tuduhan itu adalah upaya tidak berdasar oleh media AS untuk menyalahkan Rusia atas serangan siber terhadap badan AS.

(Bernadus Melkianus Danomira)

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini