2 Kapal Perang Rusia Terlihat di Surabaya, Ada Apa?

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 15 Desember 2020 09:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 15 18 2327799 2-kapal-perang-rusia-terlihat-di-surabaya-ada-apa-OFRtG1rqdb.jpg kapal cruiser Varyag Rusia. (Foto: Facebook)

JAKARTA – Kapal perusak anti-kapal selam besar Rusia, Admiral Panteleev dan kapal jelajah (cruiser) berpeluru kendali Varyag bersandar ke Surabaya dalam sebuah kunjungan non-resmi pekan ini. Kedua kapal angkatan laut Rusia itu akan berada di Indonesia dari 14 Desember hingga 17 Desember 2020.

Kunjungan kedua kapal tersebut bertujuan untuk memperkokoh hubungan militer antara Rusia dan Indonesia, serta memperingati 70 tahun terjalinnya hubungan diplomatik antara kedua negara, demikian menurut keterangan laman Facebook resmi Kedutaan Besar Rusia di Jakarta.

BACA JUGA: Admiral Tributs, Pemburu Kapal Selam Rusia Hadir di Jakarta

Kedatangan Admiral Panteleev dan Varyag di Surabaya pada Senin (14/12/2020) disambut langsung oleh Dubes Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva dan Atase Pertahanan Kedutaan Besar Rusia Sergey Zhevnovatiy bersama dengan para perwakilan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dan prajurit Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) Surabaya.

Kapal anti-kapal selam Admiral Panteleev Rusia. (Foto: Facebook/Russian Embassy in Indonesia)

BACA JUGA: Kapal Induknya Dikawal, Rusia Ejek Kemampuan AL Inggris

Kapal perang Rusia telah beberapa kali melakukan kunjungan ke Indonesia, termasuk kunjungan empat kapal perang pada 2016 dan kedatangan kapal perang Parekop pada 2018. Indonesia dan Rusia memiliki hubungan militer yang terjalin dengan baik, terbukti dengan dua kunjungan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ke Rusia sepanjang 2020.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini