Hujan Angin, 59 Rumah di Lamongan Rusak

Abdul Wakhid, iNews · Jum'at 18 Desember 2020 12:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 18 512 2330032 hujan-angin-59-rumah-di-lamongan-rusak-xLHZTGJobf.jpg Rumah rusak di Lamongan diterjang hujan angin (Foto: Abdul Wakhid)

LAMONGAN - Sebanyak 59 rumah mengalami kerusakan saat hujan disertai angin kencang menerjang pada Kamis 17 Desember 2020 malam di Desa Pajangan, Kecamatan Sukodadi, Lamongan, Jawa Tengah. Kerusakan rumah bervariasi.

"Kejadiannya pada Kamis malam. Saat itu, bertepatan dengan hujan deras yang disertai angin kencang," kata Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan Muslimin pada wartawan, Jumat (18/12/2020).

Dikatakan Muslimin, angin kencang dengan durasi lebih 30 menit menerjang mengakibatkan atap genting milik warga tersapu angin. "Kejadiannya berlangsung sangat cepat, angin yang kencang itu langsung menyapu atap genting rumah warga," ujar Muslimin.

Baca Juga: Diterjang Hujan Deras, Rumah di Probolinggo Rata dengan Tanah

Data yang dihimpun, tercatat setidaknya ada 59 rumah warga di Desa Pajangan yang mengalami kerusakan berupa atap genting yang hancur diterpa angin. Kebanyakan, lanjut Muslimin, kerusakan terjadi pada bagian atap atau genting yang jatuh atau beterbangan.

"Malam itu juga warga langsung bersama-sama bergotong royong membersihkan puing-puing atap sisa-sisa dari angin kencang," tuturnya.

Baca Juga: Angin Kencang Hantam Nelayan Mempawah, Dua Dikabarkan Hilang

Sementara, salah satu warga Desa Pajangan Kasrin yang rumahnya mengalami kerusakan akibat kejadian ini menuturkan, kejadiannya berlangsung sangat cepat. Ketika itu, aku Kasrin, hujan deras disertai angin kencang.

"Angin kencangnya sih sekitar 30 menitan gitu, tapi terasa sangat kencang dan membuat atap rumah saya rusak," tambah Kasrin.

Saat ini, BPBD Lamongan bersama instansi terkait berkoordinasi penanganan korban terdampak angin kencang ini. "Petugas juga sudah turun ke lokasi bersama-sama warga melaksanakan kerja bakti membersihkan sisa-sisa atap genting," pungkas Muslimin.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini