Sultan HB X Kaji Kemungkinan Penerapan PSBB di Yogyakarta

Suharjono, Koran SI · Selasa 29 Desember 2020 23:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 510 2335967 sultan-hb-x-kaji-kemungkinan-penerapan-psbb-di-yogyakarta-qXWxtr9EDY.jpg Sultan HB X. (Foto: Okezone.com)

YOGYAKARTA - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengaku masih mengaji wacana penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Yogyakarta. Hal ini lantaran kebijakan tersebut juga memberikan risiko di masyarakat. 

"Nanti kan akan dibahas antara Pak Wakil Gubernur dengan satgas Penanganan Covid-19. Akan kita lihat apakah akan diterapkan atau masih ada ruang mendisiplinkan masyarakat," kata Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (29/12/2020).

Diakuinya, jika PSBB diterapkan maka akan banyak implikasinya. Hal itu sama juga dengan upaya mundur seperti wacana terdahulu.

“Kita lihat kalau PSBB sama juga kita side back (mundur ke belakang), risikonya seperti apa ya harus kita lihat," ujar Sultan HB X. 

Kendati demikian, dirinya menyerahkan dalam pertemuan yang digelar tersebut. "Ya kita lihat saja hasil pertemuan seperti apa," lanjut dia. 

Ketika disinggung mengenai vaksin Covid-19, Sri Sultan HB X mengaku belum mengetahui rincian pasti. Diapun menyerahkan mekanisme pada pemerintah pusat, mengingat jumlah vaksin di tahap pertama masih terbatas. 

Baca juga: Menkes Ungkap Indonesia Butuh 426 Juta Dosis Vaksin Covid-19

“Kita tidak tahu prioritas untuk mana, kalau Yogya mungkin tahap kedua di bukan Februari, namun pastinya saya belum tahu," ucapnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini