Share

Thailand Larang Warganya Berkumpul Rayakan Tahun Baru

Susi Susanti, Koran SI · Rabu 30 Desember 2020 19:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 30 18 2336555 thailand-larang-warganya-berkumpul-rayakan-tahun-baru-ePrOgPyjjs.jpg Foto: Reuters

BANGKOK – Pemerintah Thailand resmi melarang warganya berkumpul saat perayaan Tahun Baru untuk menahan epidemi virus corona.

Pihak berwenang telah meminta masyarakat untuk menghindari perjalanan dan telah memberlakukan tindakan kontrol yang lebih ketat di beberapa area, termasuk bisnis hiburan.

Kementerian kesehatan mengkonfirmasi 250 infeksi baru pada Rabu (30/12), menjadi jumlah terbesar kasus harian yang dikonfirmasi sejak dua minggu lalu.

“Angka hari ini membuat saya gugup, yang tidak ingin kami lihat adalah penguncian kedua atau ketiga,” terang juru bicara gugus tugas Covid-19 Taweesin Wisanuyothin, dikutip Reuters.

“Jika situasi tidak bisa dikendalikan, daripada menghitung mundur ke Tahun Baru, kami mungkin menghitung (jumlah kasus),” ungkapnya.

Taweesin mengatakan pembatasan yang lebih agresif seperti yang terlihat pada awal tahun mungkin perlu diberlakukan jika penyebaran virus tidak diatasi.

Langkah-langkah tersebut mencakup penutupan mal, restoran, dan area hiburan serta pembatasan perjalanan internasional.

(Baca juga: Singapura Memulai Vaksinasi Covid-19, Petugas Medis Jadi yang Pertama Disuntik)

Diketahui, kluster terbaru muncul bulan ini di pasar makanan laut dekat Bangkok, di antara sebagian besar pekerja migran dari Myanmar.

Meskipun rendah dibandingkan dengan banyak negara, peningkatan tajam kasus harian di Thailand merupakan kemunduran bagi upaya pemerintah mencegah virus.

Thailand mencatat 6.690 infeksi dan 61 kasus kematian akibat Covid-19.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini