Ponpes Ngruki Batasi Orang yang Ingin Bertemu Abu Bakar Ba'asyir

Bramantyo, Okezone · Rabu 06 Januari 2021 21:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 06 512 2340117 ponpes-ngruki-batasi-orang-yang-ingin-bertemu-abu-bakar-ba-asyir-MfyeXB9aLc.jpg Sekretaris Ponpes Al Mukmin Ngruki M Darwis (Foto: Bramantyo)

SUKOHARJO - Jelang kepulangan Ustadz Abu Bakar Ba'asyir, pengurus Pondok Pesantren (Ponpes) Al Mukmin Ngruki Sukoharjo tidak mengadakan acara dalam skala besar. Pihaknya membatasi jumlah tamu yang akan hadir dalam penyambutan kedatangan ustad Abu Bakar Baasyir.

Rencananya Abu Bakar Ba'asyir akan bebas pada Jumat 8 Januari 2021 dari Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Setelahnya akan langsung pulang ke Ponpes melalui jalan darat.

Baca Juga:  Begini Perilaku Abu Bakar Ba'asyir Selama di Lapas Gunung Sindur

Sekretaris Ponpes Al Mukmin Ngruki Muhammad Darwis mengatakan, tidak diizinkan ada kerumunan di dalam Ponpes. Bahkan, pengurus Ponpes juga sudah memasang banner berisi tulisan tidak ada ada acara seremonial dalam menyambut kepulangan Abu Bakar Ba'asyir.

"Kita sudah mengimbau mandiri dalam arti memang kita memasang tulisan tidak ada acara seremonial terkait dengan kehadiran beliau," jelasnya Rabu (6/1/2020).

Bahkan, setelahnya pihak Ponpes juga tidak menerima tamu dalam jumlah banyak, dan itu pun terbatas tidak semua pihak bisa bertemu Abu Bakar Ba'asyir.

"Kita batasi, termasuk untuk alumni-alumni juga dibatasi. Kita sampaikan di WA bahwa kita memang tidak ada seremonial kita tidak ada menerima tamu, kecuali memang sangat terbatas," imbuhnya.

Nantinya, siapa saja yang akan bertemu dengan Abu Bakar Ba'asyir harus konfirmasi terlebih dahulu dengan pihak keluarga. "Nanti konfirmasi dengan keluarga kalau akan ketemu. Termasuk tokoh ulama yang akan masuk kita pilih kita perbolehkan masuk apa tidak," tegasnya.

Baca Juga:  Polda Jabar Siapkan Strategi Pengamanan saat Abu Bakar Ba'asyir Bebas

Sementara kondisi Ponpes sendiri dalam keadaan kosong, karena memang jadwalnya libur sejak 22 Desember 2020. Usai menjalani PAS (penilaian akhir semester) I.

"Insya Allah nanti tanggal 16 nanti kembali masuk. Jadi pas kepulangan Ustad Abu kebetulan kosong tidak ada santri," lanjutnya.

Kebebasan Abu Bakar Baasyir menjadi kabar gembira bagi para santri. Mereka bisa bertemu dan melihat kembali sosok pendiri Ponpes Al Mukmin Ngruki.

"Tentunya kedatangan bapaknya pendiri pesantren tentu ungkapan gembira ingin mendengar nasihat dan tausiahnya," pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini