Sempat Jadi Buronan, Pelaku Curanmor Curhat Lelah Kawin-Cerai 10 Kali

Azhari Sultan, Okezone · Kamis 07 Januari 2021 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 340 2340513 sempat-jadi-buronan-pelaku-curanmor-curhat-lelah-kawin-cerai-10-kali-ggsbj02XkZ.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAMBI – Pelarian A Mustafa Sally alias A Mustafa alias Sali (56) warga Jalan Kayu Manis II, Kelurahan Simpang IV Sipin, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi berakhir sudah. DPO dua tahun dalam kasus curanmor dan curat ini berhasil dibekuk pihak Reskrim Polsek Jelutung di kediamannya pada akhir tahun lalu.

Kapolsek Jelutung, Iptu Aidil Munsaf, mengatakan bahwa tersangka merupakan residivis dengan kasus curat dan curanmor.

"Tersangka ini sudah keluar masuk penjara sebanyak lima kali. Kasus sebelumnya dia ditahan di wilayah hukum Batanghari dan saat ini kembali mengulangi dan kita tahan di Polsek Jelutung,” ungkapnya, Kamis (7/1/2021).

Diakuinya, tersangka sudah 2 tahun lebih menjadi DPO Polsek Jelutung. Pasalnya, selama pelariannya Sali selalu berpindah-pindah tempat agar tidak tercium keberadaannya oleh kepolisian.

Dari informasi yang didapat, Sali juga pernah kabur keluar Provinsi Jambi, dan akhirnya kembali ke kediamannya di Kota Jambi.

Namun, dalam pelariannya pelaku jarang sekali berada di rumahnya. Beruntung, jajaran Reskrim Polsek Jelutung mendapatkan informasi bahwa Sali saat itu berada di rumahnya.

Tidak ingin DPO-nya kabur lagi, petugas langsung melakukan penggrebekan. Akhirnya, tanpa perlawanan pelaku berhasil diamankan.

Ilustrasi

Menurut Kapolsek, tersangka nekat melakukan pencurian sepeda motor milik Gustimal pada tahun 2018 lalu, yang berada di kawasan Jalan Ali Hamzah, RT 08, Kelurahan Payo Lebar, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi.

Ketika itu, bersama ketiga rekannya melakukan pencurian sepeda motor dengan cara mengangkat sepeda motor tersebut.

“Motor yang telah dicuri oleh tersangka dijual dengan harga Rp2,5 juta, di daerah Tangkit, Kabupaten Muarojambi. Dari pengakuan tersangka yang kita terima motornya dijual ke penadah yang saat ini sedang berada di Lapas Jambi menjalankan hukumannya,” tukas Aidil.

Kepada sejumlah media, Sali nekat kembali melakukan tindakan kriminal lantaran terpengaruh oleh teman-temannya. Sedangkan dari hasil kejahatannya, untuk dipakai foya-foya dan main dengan wanita di hotel.

“Saya nyesal udah kembali mengulangi pencurian, gara-gara ini kejahatan yang sudah saya lakukan. Saya sampek nikah cerai sebanyak 10 kali dan kali ini saya sedang berantam (bertengkar) dengan istri saya,” imbuhnya lirih.

Akibat perbuatannya, tersangka masih ditahan di Polsek Jelutung. Selanjutnya, pelaku dikenakan Pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan dan diancam penjara selama 7 tahun.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini