Tidak Ada Penyambutan Abu Bakar Ba'asyir Secara Besar-besaran, Ini Alasannya

Bramantyo, Okezone · Kamis 07 Januari 2021 20:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 07 512 2340747 tida-ada-penyambutan-abu-bakar-ba-asyir-secara-besar-besaran-ini-alasannya-bsseVmLJ1R.jpg Abu Bakar Baasyir

SUKOHARJO - Sehari menjelang kebebasan Ustad Abu Bakar Ba'asyir (ABB), Ponpes Al-Mukmin, Ngruki kembali menegaskan tidak akan menggelar acara penyambutan yang melibatkan banyak massa.

Humas Ponpes Al-amukmin Muhammad Darwis mengatakan alasan tidak menggelar acara penyanbutan kepulangan Ustad Abu Bakar Ba'asyir usai menjalani masa tahanan karena untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 di dalam lingkungan Ponpes.

"Ini masa pandemi, kami mencegah penyebaran virus Corona di lingkup Ponpes," papar Darwis pada media, Kamis (7/1/2021).

Selain itu, pihak Ponpes pun mencegah terpaparnya Ustad Abu dari Orang Tanpa Gejala (OTG) yang bisa saja dibawa pihak luar masuk kedalam lingkungan Ponpes. Apalagi usia Ustad Abu Bakar Ba'asyir sendiri sudah lanjut, sehingga kesehatannya benar-benar dijaga.

"Ada dua pertimbangan yang disampaikan, pertama, mengantisipasi (potensi kerumunan) dan menjaga kesehatan ABB, keluarga, dan lingkungan ponpes," terangnya.

Sedangkan pertimbangan kedua, adalah penerapan protokol kesehatan (prokes) dalam situasi pandemi Covid-19 dan untuk keselamatan bersama.

Menanggapi maklumat tersebut, Camat Grogol, Sukoharjo Bagas Windaryatno menyampaikan apresiasinya. Selaku wakil pemerintah di tingkat kecamatan, ia berharap agar masyarakat menahan diri untuk tidak datang menyambut kepulangan ABB.

"Sesuai dengan maklumat yang dikeluarkan pihak keluarga atau dari Ponpes Islam Al Mukmin, kami sangat menghormati, sangat menghargai itikad baik dari pihak keluarga Ustad Abu Bakar Ba'asyir," katanya

Sebagai langkah antisipasi, Bagas mengatakan akan melakukan koordinasi dengan pihak - pihak terkait, khususnya di lingkup Forum Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) untuk monitoring kepatuhan penerapan prokes.

"Sebenarnya dengan adanya maklumat ini, kami merasa terbantu dalam menghimbau masyarakat untuk tidak datang menyambut Ustad Abu Bakar Ba'asyir. Tapi kami akan berkoordinasi mengambil langkah pencegahan agar tidak terjadi kerumunan," imbuhnya.

Baca Juga : Penampilan Tunawisma yang Viral Gara-Gara Ditemui Mensos Risma

Sementara itu Humas panitia kecil yang ditunjuk pihak Ponpes Al-Mukmin, Ngruki, Ustad Endro Sudarsono memastikan kesehatan Ustad Abu Bakar Ba'asyir dalam keadaan sehat.

"Pasca keluar dari rumah sakit dan saat mau keluar dari Lapas, Alhamdulillah kesehatan Ustad Abu Bakar Ba'asyir sehat. Tim kesehatan dari Mercy terus memantau kesehatan Ustad Abu," pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini