Ganjar Ingatkan Pengungsi Merapi Jaga Kebugaran dan Protokol Kesehatan

Susi Susanti, Koran SI · Sabtu 09 Januari 2021 10:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 09 512 2341508 ganjar-ingatkan-pengungsi-merapi-jaga-kebugaran-dan-protokol-kesehatan-Go7hopKtfI.jpg Foto: Humas Pemprov Jateng

MAGELANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengingatkan agar para pengungsi di sekitar Gunung Merapi tetap menjaga kesehatan dan menjalankan protokol kesehatan (prokes).

“Mari selalu siaga bagaimanapun kondisinya. Petugas akan selalu meng-update perkembangan Gunung Merapi. Tetap jaga kebugaran dan jangan meremehkan protokol kesehatan di pengungsian,” cuit Ganjar di akun Twitter-nya.

Diketahui, Gunung Merapi kembali erupsi. Warga di lereng gunung pun diminta segera mengungsi. Ganjar memastikan pengungsi dalam keadaan sehat.

(Baca juga: Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Desa di Sumbawa NTB Kebanjiran)

Dia juga meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat bekerja maksimal.

“Sekarang semua siaga, karena masyarakat sudah ada yang mengungsi. Kami memantau terus menerus soal ini. Saya minta di area bahaya itu, pastikan mereka semua sudah mengungsi,” terangnya.

Hingga saat ini, tercatat 57 pengungsi dari beberapa desa di Magelang. Terutama dari kelompok rentan. Mereka dipastikan sehat dan baik di titik-titik pengungsi.

(Baca juga: Gempa Guncang Bumi Aceh di Pagi Hari)

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Dareah Istimewa Jogjakarta menyatakan Gunung Merapi memasuki fase erupsi 2021 sejak 5 november 2020. Sejak itu, tingkat efektivitas merapi naik dari waspada ke siaga.

Sementara itu, BPBD Kabupaten Magelang memastikan akan memberi perhatian penuh ke pengungsi. Mulai dari tempat, logistik, hingga kebutuhan kesehatan. Selain itu, prokes juga diperhatikan untuk kesehatan para pengungsi.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini