Dokter Pribadi Paus Fransiskus Meninggal karena Covid-19

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 11 Januari 2021 10:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 18 2342328 dokter-pribadi-paus-fransiskus-meninggal-karena-covid-19-bWGIELqZug.jpg Paus Fransiskus. (Foto: Reuters)

VATIKAN - Dokter pribadi Paus Fransiskus telah meninggal karena komplikasi virus corona, demikian dilaporkan surat kabar Vatikan. Tidak diketahui kapan dia terakhir kali berhubungan dengan paus, yang melewatkan upacara baptis beberapa jam setelah berita itu tersiar.

Catholic News Agency, mengutip surat kabar Vatikan L’Osservatore Romano melaporkan bahwa dokter Paus Fransiskus, Fabrizio Soccorsi, meninggal dunia pada Sabtu (9/1/2021). Pria berusia 78 tahun itu meninggal di Rumah Sakit Gemelli Roma, beberapa kilometer dari kediaman Paus di Vatikan.

BACA JUGA: Mirip dengan di Inggris, Satu Lagi Varian Baru Covid-19 Ditemukan di Jepang

Komplikasi Covid-19 dikutip sebagai penyebab kematian Soccorsi, tetapi beberapa laporan mengatakan bahwa dia telah menerima perawatan untuk “patologi onkologis” sejak akhir Desember.

Tidak jelas apakah Soccorsi telah melakukan kontak dengan paus baru-baru ini.

Pada Minggu (10/1/2021) Paus Fransiskus meminta maaf melalui Twitter untuk meminta maaf karena melewatkan upacara baptisan di Kapel Sistina. Paus tidak menjelaskan alasan ketidakhadirannya, dan melanjutkan untuk berdoa bagi lima orang yang kehilangan nyawa selama kerusuhan pada Rabu (6/1/2021) di gedung Capitol di Washington, DC.

BACA JUGA: Disuntik Vaksin Covid-19 Pekan Depan, Paus Fransiskus: Saya Yakin Setiap Orang Harus Divaksin

Saat ini tidak ada indikasi bahwa paus dalam keadaan sakit. Dalam sebuah wawancara yang dijadwalkan untuk disiarkan di televisi Italia pada Minggu, Paus Fransiskus mengumumkan bahwa dia akan divaksinasi terhadap Covid-19 minggu depan, dan menyebut penolakan untuk melakukan vaksinasi sebagai "penyangkalan bunuh diri."

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini