Merapi Terus Keluarkan Lava Pijar, Sejumlah Dusun Diguyur Hujan Abu

Suharjono, Koran SI · Senin 11 Januari 2021 03:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 510 2342199 merapi-terus-keluarkan-lava-pijar-sejumlah-dusun-diguyur-hujan-abu-xvUAz7aUQV.jpg Gunung Merapi (Foto : Dok. Okezone.com)

YOGYAKARTA - Gunung Merapi terus mengeluarkan lava pijar. Malam tadi tercatat sedikitnya tiga kali terlihat guguran lava pijar di Gunung yang berada di perbatasan DIY dan Jawa Tengah tersebut.

Bahkan Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman melaporkan terjadi hujan abu tipis di desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman yang merupakan wilayah lereng Merapi.

Hujan abu dilaporkan terjadi dusun Kali Tengah Lor, Kali Tengah Kidul, Singlar dan Srunen. Dalam laporan juga disertakan warga dengan sepeda motor menerjang hujan abu.

Sementara dari chanel Youtube Induk Frekom_86 juga menyiarkan bebrpa guguran lava pijar.

Bahkan beberapa di antaranya cukup besar seperti pada pukul 21.58 WIB. Hal ini juga diperkuat CCTV Pusdalops BPBD Sleman yang menyampaikan terjadi guguran lava pijar danjuga asap tebal yang diduga abu vulkanik.

Baca Juga : KPK Yakin Harun Masiku Masih Hidup

Begitu juga dengan pukul 22.03 WIB, chanel induk frekom_86 juga menyiarkan kembali terjadinya luncuran lava pijar yang cukup jauh. Sebelumnya juga terlihat gugur lava pijar pada pukul 19.17 WIB serta pukul 20.35 WIB. Namun demikian untuk kepastian jarak luncur dns keterangan lain masih menunggu BPPTKG.

"Tadi terlihat beberapa cukup jauh mungkin sekitar 1 km, namun kita menunggu keterangan BPPTKG setelah pukul 24.00 WIB," ucap penyiar chanel Youtube Induk Frekom_86, Minggu 10 Januari 2021.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini