Share

Fantastis, Rumah Mantan PM Inggris Margaret Tatcher Disewakan Seharga Rp1,2 M Per Bulan

Susi Susanti, Koran SI · Jum'at 15 Januari 2021 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 15 18 2344951 fantastis-rumah-mantan-pm-inggris-margaret-tatcher-disewakan-seharga-rp1-2-m-per-bulan-JXAJsvMrzK.jpg Foto: Rentberry

INGGRIS – Rumah besar enam lantai milik mantan Perdana Menteri (PM) Inggris Margaret Thatcher disewakan dengan harga 65.000 poundsterling (Rp1,2 miliar) per bulan.

Rumah mewah yang dibeli seharga 30 juta poundsterling (Rp576 miliar) di Belgravia ini sempat menjadi tempat yang dikunjungi mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Ronald Reagan dan kepala negara lainnya.

Rumah yang disebut-sebut tahan bom dan memiliki pintu baja ini sempat dijual sekitar lima tahun lalu, tapi tidak laku. Menurut platform persewaan properti internasional Rentberry, rumah ini pun disewakan dengan harga 780.000 poundsterling (Rp15 miliar) per tahun.

Rumah besar yang terdaftar di Grade-II ini menawarkan gym, sauna, ruang uap, gudang anggur 500 botol, dan ruang bioskop. Mendiang Thatcher mulai tinggal di rumah ini setahun setelah dia mengundurkan diri sebagai PM pada 1991 hingga 2012.

(Baca juga: Terungkap! Pemerintah Gelontorkan Dana Rp1,2 M untuk 42 "Influencer" Demi Promosi Layanan Tes Covid-19)

PM yang menjalankan jabatannya selama tiga kali ini dilaporkan pindah karena dia tidak bisa lagi menaiki tangga, dan tinggal di hotel Ritz yang mewah sampai dia meninggal karena stroke pada 2013, di usia 87 tahun.

“Rumah di Chester Square ini adalah rumah keluarga dengan plesteran putih yang telah direnovasi dan terletak di posisi yang sangat dicari di dalam alun-alun taman Belgravia yang terkenal ini,” terang agen properti Frank Knight, dikutip Daily Mail.

(Baca juga: Berbohong tentang Keterlibatannya di China, Ilmuwan Senior NASA Dihukum 5 Tahun Penjara dan Denda Rp3,5 M)

“Rumah ini memiliki lima kamar tidur ganda, ruang tamu lantai pertama yang megah, ruang makan dengan pemandangan ke arah Chester Square, lift penumpang, garasi, dan teras atap besar yang menghadap ke selatan,” jelasnya.

“Ruang bioskop dilengkapi dengan layar bioskop 110 inchi yang canggih dan suara surround,” tambahnya.

“Gudang anggur yang dibangun khusus memiliki fitur pendingin Gaggenau terintegrasi untuk anggur putih dan sampanye serta penyimpanan tambahan untuk menjaga anggur merah pada suhu kamar sekitar, lanjutnya.

Properti ini juga memiliki lantai batu kapur Hopton Wood di aula masuknya, mirip dengan yang digunakan di Gedung Parlemen.

Di bagian depan pintunya terdapat 73 plakat yang dirancang sendiri oleh Thatcher dan dipasang pada 1991.

Properti itu dijual seharga 4,1 juta poundsterling (Rp79 miliar) setelah Thatcher meninggal pada 2013. Lalu pengembang mewah Leconfield merenovasi rumah itu sebelum memasarkannya pada 2016.

“Seandainya dinding dapat berbicara - orang hampir dapat membayangkan Ronald Reagan dan kepala negara lainnya duduk bersama Baroness Thatcher di ruang makannya,” ungkap Kepala Kantor Savills’ Sloane Street, Richard Gutteridge.

Dokumen Pendaftaran Tanah mengatakan properti itu dibeli oleh 73 CS Limited, yang terdaftar di Guernsey.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini