Pidato Pertama, Biden Berjanji Perbaiki Hubungan AS dengan Negara-Negara Dunia

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 21 Januari 2021 01:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 18 2348060 pidato-pertama-biden-berjanji-perbaiki-hubungan-as-dengan-negara-negara-dunia-65wxtSLOD9.JPG Foto: Reuters.

WASHINGTON, DCJoe Biden mengirimkan pesan kepada negara-negara lain di dunia pada pidato perdananya setelah dilantik sebagai Presiden Amerika Serikat (AS), Rabu (21/1/2021). Pada kesempatan itu, Biden berjanji akan mengubah kebijakan-kebijakan luar negeri pendahulunya, Donald Trump.

"Inilah pesan saya kepada mereka yang berada di luar perbatasan kami. Amerika telah diuji, dan kami telah menjadi lebih kuat karenanya. Kami akan memperbaiki aliansi kami dan terlibat dengan dunia sekali lagi," kata Biden.

BACA JUGA: Joe Biden Resmi Menjadi Presiden Ke-46 AS 

"Kami akan memimpin, tidak hanya dengan contoh kekuatan kami, tetapi dengan kekuatan teladan kami. Kami akan menjadi mitra yang kuat dan terpercaya untuk perdamaian, kemajuan dan keamanan," tambahnya.

Biden telah memunculkan optimisme terkait perbaikan hubungan luar negeri AS yang cenderung isolasionis di bawah pemerintahan Trump. Di bawah Trump hubungan AS dengan beberapa tradisionalnya, terutama di Eropa mengalami kemunduran serius.

Dalam pidatonya, Biden juga menekankan bahwa ada banyak hal yang harus diperbaiki di AS, yang tengah menghadapi krisis terkait pandemi Covid-19 dan perpecahan di dalam masyarakatnya.

BACA JUGA: Jadi Presiden AS, Joe Biden: Banyak yang Harus Dipulihkan dan Disembuhkan

"banyak yang harus diperbaiki, banyak yang harus dipulihkan, banyak yang harus disembuhkan, banyak yang harus dibangun, dan banyak yang akan diperoleh," ujarnya.

Sejak resmi dilantik, beberapa kepala negara yang memberikan ucapan selamat kepada Biden, termasuk Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini