Truk Terguling, Muatan Minuman Soda yang Berhamburan Dijarah Warga

Bramantyo, Okezone · Jum'at 22 Januari 2021 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 512 2349034 truk-terguling-muatan-minuman-soda-yang-berhamburan-dijarah-warga-jFSjux8cmr.jpg Truk muatan minuman bersoda terguling di Jawa Tengah (Foto: Bramantyo)

KARANGANYAR - Sebuah truk kontainer bermuatan minuman kemasan bersoda yang hendak dibawa ke Solo, terguling. Kecelakaan tersebut terjadi di depan rumah makan Legender, Jalan Raya Anyar, Desa Blumbang, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. 

Puluhan warga yang mengetahui adannya truk terguling bukannya menolong, malah beramai-ramai menjarah muatan truk yang berhamburan. Puluhan warga Desa Blumbang, Tawangmangu, Karanganyar, nampak sibuk memunguti dus-dus kemasan minuman bersoda yang tertumpah di pinggir jalan.

Puluhan ton kardus minuman bersoda di dalam bak truk kontainer bernomor B 9652 KEU yang dikemudikan Baskoro (51) warga Paburan, Kemang, Bogor, Jawa Barat ini terguling dan tertumpah di bahu jalan di jalur jalan tembus Karanganyar - Magetan yang melintasi Gunung Lawu.

Baca Juga:  Kecelakaan Maut di Semarang, 7 Korban Dilarikan ke RS Ken Saras

Dengan berboncengan menggunakan motor, warga saling berebut mengambil kemasan minuman berserakan. Sementara itu sopir truk yang mengalami luka hanya bisa pasrah dan tidak bisa mencegah warga untuk menjarah seluruh barang bawaannya.

Kapolsek Tawangmangu, AKP Ismugiyanto membenarkan adannya penjarahan dus-dus kemasan minuman bersoda yang berserakan dari bak truk kontainer terguling. "Iya memang benar ada penjarahan dus-dus minuman bersoda oleh warga,"papar Ismu, saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Jumat (22/1/2021).

Menurut Ismu, saat ini pihaknya sudah mengamankan warga yang melakukan penjarahan. Menyangkut langkah selanjutnya yang akan diambil, ungkap Ismu, pihaknya tengah menunggu sikap dari perusahaan minuman bersoda tersebut.

"Kami tengah berkoordinasi dengan pihak perusahaan terkait barang-barang yang dijarah ini. Bila pihak perusahaan mengiklankan barang yang dijarah, maka kami tidak akan memprosesnya. Namun, bila pihak perusahaan meminta untuk diproses terhadap barang yang dijarah, maka kami akan memprosesnya," terang Ismu.

Terpisah Kepala Bagian Operasional (KBO) Satlantas Polres Karanganyar Ipda Anggoro Wahyu Setiabudi mengatakan, dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) sementara, kecelakaan tunggal ini terjadi sekira pukul 04.30 WIB, di mana kondisi jalan kondisi juga relatif masih sepi.

Dari hasil olah TKP dan keterangan dari para saksi meluncur truk tronton dari arah Magetan atau dari timur menuju ke arah barat (Solo). Sesampainya di tikungan pengemudi mengalami rem blong sehingga tidak bisa menguasai laju kendaraan.

Baca Juga:  Ditabrak Kereta, Truk Pasir Terseret 100 Meter, Sopir dan Kernet Luka Parah

Pengemudi langsung banting stir ke arah kanan dan masuk lahan parkir resto Lagender terguling dan terjadi laka lantas tunggal.

"Truk ini dari arah timur hendak menuju ke barat. Jalur lintas yang diambil, jalan tembus Gunung Lawu. Saat tiba di lokasi kejadian, sopir truk menyadari rem blong. Spontan, saat berbelok di tikungan menurun, sopir langsung membanting kendaraan ke arah kiri dan terguling," terangnya.

Untuk sementara, ungkap Anggoro, sopir belum bisa meminta keterangan dikarenakan tengah dirawat karena luka.Akibat kecelakaan tersebut kerugian ditaksir Rp10 juta.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini