Ribuan Warga Turun ke Jalan Protes Lambatnya Penanganan Covid-19 di Brasil

Agregasi VOA, · Senin 25 Januari 2021 08:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 18 2350155 ribuan-warga-turun-ke-jalan-protes-lambatnya-penanganan-covid-19-di-brasil-Kx73s4wmtS.jpg Seorang demonstran membawa poster bertuliskan suku Indian di Brasil banyak menjadi korban Covid-19.

RIBUAN warga Brasil kembali turun ke jalan-jalan, hari kedua berturut-turut, pada hari Minggu (24/1). Mereka menyerukan pemakzulan Presiden Jair Bolsonaro yang dikecam karena lambatnya penanganan pandemi virus corona (Covid-19) yang sudah menewaskan lebih dari 216.000 orang.

Dengan membunyikan klakson mobil, warga berpawai di jalan-jalan kota Rio de Janeiro, Sao Paulo dan puluhan kota lainnya, sambil meneriakkan kalimat “Turunkan Bolsonaro!”

“Saya kehilangan 23 teman akibat flu 'sepele' ini,” ujar Patricia Arantes, merujuk pada pernyataan Bolsonaro sebelumnya soal virus corona.

Demonstrasi hari Minggu ini dilakukan oleh kelompok-kelompok konservatif yang sebelumnya mendukung Bolsonaro, sementara demonstrasi hari Sabtu (23/1) dilakukan oleh kelompok kiri.

Dalam beberapa minggu ini Bolsonaro dikecam luas karena menangguhkan dimulainya vaksinasi dan ambruknya sistem kesehatan di Kota Manaus, di mana terjadi antrean panjang untuk mendapatkan perawatan di unit perawatan intensif di rumah-rumah sakit dan kelangkanaan oksigen medis.

Presiden Bolsonaro telah sejak lama menolak memberlakukan lockdown, dengan mengatakan kehancuran ekonomi akan lebih parah dibandingkan penyakit itu.

Baca Juga : Wakil Presiden Brasil Hamilton Mourao Positif Covid-19

Survei terbaru yang dilakukan Datafolha pada 20-21 Januari menunjukkan anjloknya dukungan terhadap Bolsonaro dari 37% pada Desember lalu, menjadi 31% – penurunan dukungan terbesar dalam satu tahun sejak ia mulai menjabat.

Baca Juga : Rumah Sakit di Brasil Kehabisan Oksigen, Banyak Pasien Covid-19 Sekarat

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini