Akses ke Kawah Ijen Putus Tertutup Longsor dan Banjir Bandang

INews.id, · Senin 01 Februari 2021 23:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 519 2354758 akses-ke-kawah-ijen-putus-tertutup-longsor-dan-banjir-bandang-BYElIBHxNN.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

BONDOWOSO - Jalur menuju kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen Bondowoso, Jawa Timur, terputus akibat tertutup material longsor dan banjir bandang, Senin (1/2/2021). Bencana itu terjadi setelah wilayah itu diguyur hujan deras.

Banjir bandang serta longsor yang terjadi sekitar pukul 17.00 WIB itu menyebabkan jalan rusak dan tertutup material longsor, tepatnya di Jembatan Kali Pahit, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso.

"Sesuai informasi yang kami terima dari Camat Ijen, memang demikian, banjir dan longsor menutup akses, baik menuju Kawah Ijen maupun sebaliknya," ujar Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso, Adi Sunaryadi.

Atas dasar informasi itu, kata dia, BPBD telah mengirim Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi banjir dan titik longsor yang mengakibatkan akses menuju wisata Ijen tertutup.

Baca Juga: Jalan Tambang di Mimika Tertimbun Longsor

Hingga saat ini, Adi belum bisa memberikan keterangan secara detail mengenai dampak dari banjir dan longsor yang terjadi, karena petugas BPBD sedang dalam perjalanan ke lokasi.

Mengenai informasi kendaraan minibus yang terjebak banjir dan longsor yang menutup akses jalan di Jembatan Kali Pahit, katanya, masih dilakukan pengecekan.

"Kalau kendaraan terjebak itu, karena tidak bisa melintas akibat banjir dan longsor yang menutup jalan, saat ini kami juga sudah berkoordinasi untuk mendatangkan alat berat," katanya.

Dari rekaman video amatir warga, detik-detik terjadinya banjir bandang di aliran Sungai Blawan, Kecamatan Ijen. Arus sungai terlihat sangat deras dan berwarna hitam kecoklatan dengan membawa material kayu dan juga batu.

Selain banjir, longsor juga terjadi pada waktu yang bersamaan tepatnya di akses jalan menuju pegunungan Ijen. Lokasi longsor tepat mengenai Jembatan Kali Pahit.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini