Suara Dentuman Misterius di Malang Dipastikan Bukan dari Gunung Raung

Avirista Midaada, Okezone · Rabu 03 Februari 2021 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 519 2355729 suara-dentuman-misterius-di-malang-dipastikan-bukan-dari-gunung-raung-x9qEvl9dKQ.jpg Warga yang mendengar dentuman misterius di Malang (foto: Okezone/Avirista)

MALANG - Suara dentuman misterius yang awalnya diduga akibat aktivitas vulkanik Gunung Raung Banyuwangi terbantahkan. Suara dentuman yang sempat muncul sejak Selasa malam (2/2/2021) hingga Rabu pagi ini awalnya diduga berasal dari dua gunung berapi yang tengah mengalami pening aktivitas vulkanik.

Namun kabar tersebut dibantah Petugas pos pemantauan gunung api Gunung Raung Burhan Alethea. Menurut Burhan, suara dentuman yang ada di Malang raya bukan berasal dari Gunung Raung di Banyuwangi.

"Kami rasa jarak ratusan kilometer kurang memungkinkan, apalagi dari malam hingga pagi ini arah angin dominan ke timur," ucap saat dikonfirmasi Okezone, Rabu (3/2/2021).

Baca juga:  6 Jam Suara Dentuman Misterius di Malang, Begini Penjelasan BMKG

Menurut, Burhan Gunung Raung diakui sedang mengalami peningkatan aktivitas vulkanik. Namun dari pengamatan sangat sulit suara itu terdengar cukup jauh bahkan hingga sampai Malang raya. Apalagi suaranya tidak sampai berkali-kali dengan interval waktu cukup lama.

"Kalau wilayah dekat dengan lereng Raung dimungkinkan mendengar (suara dentuman itu). Namun kalau di wilayah yang mendengar tersebut hanya sekali, bisa dipastikan bukan dari Raung," tukasnya.

Baca juga:  Heboh Suara Dentuman Misterius di Lampung, BMKG Pastikan Bukan karena Gempa

Sebelumnya warga Malang raya dihebohkan dengan suara dentuman misterius yang terdengar sejak Selasa tengah malam (2/2/2021) hingga Rabu pagi (3/2/2021) sekitar pukul 11.00 WIB.

Hingga saat ini sesekali suara itu hingga menjelang siang hari juga masih terdengar layaknya suara guruh. Namun langit di Malang raya sendiri masih terpantau sedikit cerah meski sinar matahari tertutup awan mendung.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini