PVMBG Sebut Gemuruh dan Cahaya Api di Gunung Raung Fenomena Biasa

INews.id, · Rabu 03 Februari 2021 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 519 2355931 pvmbg-sebut-gemuruh-dan-cahaya-api-di-gunung-raung-fenomena-biasa-gYqgKm4P0Q.jpg Gunung Raung (Foto: PVMBG)

JEMBER - Gunung Raung di Banyuwangi, Jawa Timur kembali meletus dengan mengeluarkan gemuruh keras dan cahaya api, Rabu (3/2/2021). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan, aktivitas suara gemuruh kembali terdengar dari pada periode pengamatan pukul 00.00-06.00 WIB.

Kepala Subbidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat PVMBG, Nia Haerani mengatakan, suara gemuruh itu berasal dari aktivitas getaran gelombang yang dihasilkan saat magma (batuan cair pijar dan gas) keluar dari lubang kepundan gunung api ke permukaan.

“Itu merupakan fenomena yang biasa terjadi pada gunung api,” katanya.

Baca Juga: Keluarkan Gemuruh Keras, Cahaya Api Terlihat di Gunung Raung 

Nia juga mengatakan bahwa pada periode pengamatan Rabu pukul 00.00-06.00 WIB, cahaya api terlihat di Gunung Raung. "Untuk aktivitas kegempaan, pada Rabu pukul 00.00-06.00 WIB terekam tremor menerus dengan amplitudo 5-32 mm," katanya.

Perihal laporan warga soal dentuman keras yang terdengar hingga daerah Kalipuro di Banyuwangi, sekitar 20 kilometer dari puncak Gunung Raung, Nia belum bisa memastikan apakah dentuman itu berasal dari Gunung Raung. Aktivitas vulkanik Gunung Raung sangat dirasakan warga yang tinggal hampir 20 km dari puncak gunung tersebut.

“Sesekali suara dentuman juga terjadi hingga menimbulkan getaran pada kaca cendeka rumah warga,” kata warga Dusun Sumberarum, Suyono.

Baca Juga:  PVMBG Imbau Maskapai Penerbangan Waspada Abu Vulkanik Gunung Raung

Gunung Raung yang berada di perbatasan Kabupaten Jember, Banyuwangi, dan Bondowoso di Jawa Timur masih menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik. Pada 20 Januari 2021, status gunung api itu ditetapkan berada di level II atau waspada. PVMBG mengimbau masyarakat tidak beraktivitas di dalam radius dua kilometer dari pusat erupsi kawah puncak Gunung Raung.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini