Unik, Pria Ini Bersahabat dengan Angsa Selama 37 Tahun

Susi Susanti, Koran SI · Selasa 09 Februari 2021 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 09 18 2359140 unik-pria-ini-bersahabat-dengan-angsa-selama-37-tahun-kGeQzkFtOM.jpg Seorang pria menjalin persahabatan dengan angsa (Foto: AP)

TURKI - Persahabatan yang tidak biasa terjadi antara pria asal Turki dan angsa yang dia selamatkan. Persahabatan unik ini telah dilakukan selama selama beberapa dekade.

Pensiunan tukang pos Recep Mirzan menemukan Garip, seekor angsa betina, 37 tahun lalu di provinsi Edirne barat Turki.

Kala itu, Mirzan dan sekelompok teman sedang mengambil jalan pintas ketika mereka melihat angsa dengan sayap patah di lapangan kosong. Mirzan segera menolong angsa itu dari pemangsa dan membawanya dalam mobil hingga tiba di rumahnya.

Sejak itu, Garip tinggal di tanah pertanian milik Mirzan di wilayah Karaagac, berbatasan dengan Yunani.

Keduanya pun sudah tak bisa dipisahkan lagi. Garip kerap mengikuti Mirzan, menemaninya ketika dia melakukan tugasnya di sekitar pertanian atau untuk jalan-jalan sore.

(Baca juga: Targetkan Pasokan Air, Peretas Ingin Racuni Seluruh Kota dengan Bahan Kimia Berbahaya)

"Karena saya mencintai hewan, saya berkata pada diri sendiri bahwa saya harus membawanya pulang daripada meninggalkannya sebagai mangsa rubah," kata Mirzan kepada The Associated Press.

"Kami terbiasa satu sama lain. Kami tidak pernah berpisah,” ujarnya.

Mirzan menamai angsa itu 'Garip,' yang diterjemahkan sebagai 'aneh' tetapi juga digunakan untuk menggambarkan orang-orang yang kurang beruntung.

Setelah sayapnya yang patah sembuh, angsa itu tinggal bersama Mirzan dan juga berteman dengan kucing dan anjing di daerah tersebut.

Garip menghabiskan sebagian besar waktunya di luar kandang dan tidak pernah mencoba melarikan diri dari ladang pertanian Mirzan.

(Baca juga: Gembong Narkoba Terbesar Kedua di Thailand yang Hasilkan Rp980 Triliun, Dibekuk Polisi)

Sang angsa juga setia dan memilih untuk tetap di sisi duda tanpa anak berusia 63 tahun itu. Mirzan menganggap angsa itu sebagai anaknya.

Menurut Suaka Angsa yang berbasis di Inggris, umur rata-rata angsa di alam liar adalah 12 tahun.

Namun dalam lingkungan yang dilindungi, mereka dapat hidup hingga 30 tahun.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini