Lontarkan Ujaran Kebencian saat Live di Facebook, Perempuan Ini Ditangkap

Antara, · Rabu 10 Februari 2021 05:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 10 340 2359522 lontarkan-ujaran-kebencian-saat-live-di-facebook-perempuan-ini-ditangkap-1x6qeIrGfS.jpg Ilustrasi ujaran kebencian. (Ist)

BALIKPAPAN - Pemilik akun Facebook Noni Vhian yakni seorang perempuan berinisial RV ditangkap karena melontarkan ujaran kebencian saat tampil live di media sosial (medsos) Facebook. Polresta Balikpapan juga menahan RV setelah menetapkan statusnya sebagai tersangka.

“Pelaku terancam hukuman enam tahun penjara dan denda Rp1 miliar,” kata Kapolresta Balikpapan, Kombes Turmudi, Selasa (9/2/2021).

Penangkapan RV bermula dari laporan Andi Sulfan melalui kuasa hukumnya, Hadi Manihuruk ke Polresta Balikpapan. Kuasa hukum Andi Sulfan melaporkan akun Facebook Noni Vhian yang dimiliki RV.

"Kami laporkan pada 18 November 2020 dan sekarang yang bersangkutan sudah ditangkap dan sudah jadi tersangka," katanya.

Ujaran kebencian itu terjadi saat RV tampil secara langsung atau live di Facebook Noni Chian pada 10 November 2020. Saat itu RV menyebut nama Sulfan dan menyampaikan sejumlah ujaran yang kemudian dianggap menghina Sulfan.

“Yang bersangkutan benar-benar menyampaikan kata-kata yang tidak pantas dan menghina martabat klien kami," kata Manihuruk.

Menurutnya, kata-kata yang dilontarkan RV terhadap kliennya memenuhi pasal 45 UU Informasi dan Transaksi Elektronik dan pasal 27 ayat 3. Ujaran kebencian yang dilontarkan RV saat itu bukan cuma memicu kemarahan kliennya, tapi juga teman-temannya.

Baca Juga : Status WA Hujat Tenaga Kesehatan, Warga Pangandaran Berurusan dengan Polisi

Saat RV tampil live di Facebook itu terkait Pilkada Balikpapan. Di situlah terjadi perbedaan dukungan antara Noni Vhian dan Sulfan. "Berbeda tentu boleh, menghina yang tidak boleh," katanya.

Baca Juga : Polisi Tangkap Simpatisan FPI Gegara Nyinyir di Medsos

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini